Google ketahuan setor Rp13,9 triliun ke Apple, untuk apa?

Google ketahuan setor Rp13,9 triliun ke Apple, untuk apa?

Techno.id - Google akhirnya ketahuan telah membayar uang sejumlah USD 1 miliar atau setara Rp13,9 triliun agar menjadi search enginee di iPhone. Bahkan, dalam laporan yang dilansir oleh Bloomberg (21/1/16), Apple dan Google diketahui melakukan kesepakatan untuk berbagi pendapatan meski tak diketahui pendapatan dari pos mana yang akan dibagi oleh kedua raksasa teknologi yang kerap saling bersaing tersebut.

Kesepakatan rahasia antara Google dan Apple ini pertama kali dipublikasikan oleh pengadilan pada 14 Januari lalu yang menangani masalah gugatan hak cipta Oracle terhadap Google. Sekadar informasi, Oracle sejak lama telah menggugat Google atas kasus pelanggaran hak cipta yang berkaitan dengan penggunaan teknologi Javascript pada smartphone Android.

Pasca beredar, baik pihak Google maupun Apple pun diketahui sedang me-lobby pengadilan untuk tak membeberkan dokumen rahasia itu. Bahkan pihak Google sempat diketahui berdebat sengit dengan pengadilan mengenai dokumen yang dinilai sangat sensitif karena dapat menghambat penawaran dengan rekan bisnis Google lainnya.

Semenjak dokumen kerja sama antara Google dan Apple ini beredar, banyak yang melaporkan jika Yahoo pun pernah menawarkan diri untuk menjadi mesin pencari default di iPhone. Sayang, tawaran dari perusahaan yang kini dipimpin oleh Marissa Mayer itu ditolak tanpa diketahui alasan jelasnya.

(brl/red)