CONNECT WITH US
Ulwan Fakhri Noviadhista |
 21 Januari 2016 07:00

Persatuan vendor ponsel dari Tiongkok segera kalahkan Apple-Samsung

"Ini artinya, satu dari dua smartphone merek ternama yang terjual tahun ini berasal dari vendor Tiongkok."

Persatuan vendor ponsel dari Tiongkok segera kalahkan Apple-Samsung

Techno.id - Persaingan di industri smartphone kemungkinan akan lebih seru tahun ini. Pasalnya, selain diprediksi akan ada peningkatan handset yang terjual dari 2015 ke 2016 sekitar 105 juta unit, TrendForce turut mengemukakan prediksi menarik terkait persaingan antar vendor.

Analis pasar asal Taiwan itu memprediksi bahwa akumulasi penjualan dari sejumlah vendor Tiongkok bisa melampaui torehan dua produsen smartphone top, yakni Samsung dan Apple. Alasannya, ponsel pabrikan Tiongkok sangat diminati tahun 2015 lalu, terbukti dengan total market share yang mencapai lebih dari 40 persen.

"Vendor-vendor Tiongkok sudah menjual 539 juta unit pada tahun 2015, sementara Samsung dan Apple total melego 547 juta unit. Secara kolektif, produsen Tiongkok sudah bersaing sangat ketat dengan dua merek global teratas itu," demikian papar Avril Wu.

Analis smartphone TrendForce itu juga meramalkan kalau keadaan akan berbalik tahun ini.

"Tahun 2016, TrendForce memperkirakan vendor dari Tiongkok bakal menguasai 45 persen pangsa pasar global, dengan penjualan yang mengalahkan angka gabungan dari Apple dan Samsung. Ini artinya, satu dari dua smartphone merek ternama yang terjual tahun ini berasal dari vendor Tiongkok," imbuhnya, seperti dikutip dari rilis pers TrendForce (14/01/16).

Sepanjang 2015, TrendForce memaparkan kalau penjualan smartphone global meningkat 10,3 persen dari tahun lalu. Menariknya, dari total shipment yang mencapai 1,3 miliar unit itu, lebih dari 40 persen atau 539 juta di antaranya lahir dari pabrik ponsel Tiongkok. Huawei pun tercatat sebagai vendor asal Negeri Tirai Bambu yang smartphone-nya paling laris.

WHAT TO READ NEXT ?