Dirikan pabrik di Indonesia, Oppo punya cita-cita mulia

Dirikan pabrik di Indonesia, Oppo punya cita-cita mulia

Techno.id - Oppo telah menjalankan fasilitas pabrik ponsel pintar miliknya di Indonesia yang bertempat di kawasan Mauk, Tangerang, Banten. Perusahaan itu mengaku pembangunan pabrik terbesar kedua miliknya ini membawa misi penting dari sekadar mengejar Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) yang ditetapkan pemerintah.

Vendor asal Tiongkok tersebut mengaku pembangunan pabrik di Indonesia sebagai langkah transfer teknologi dari perusahaan miliknya. Mereka juga berharap kehadiran pabriknya bisa melahirkan tenaga ahli di bidang teknologi ponsel.

"Pabrik ini sebenarnya jadi lokasi penting buat kami untuk mentransfer teknologi dari Oppo ke Indonesia. Sekarang tenaga ahli kami bawa dari Tiongkok, tapi harapan kami nantinya posisi itu juga akan diisi oleh orang Indonesia," kata Liao Ze, Kepala Pabrik Oppo Tangerang.

Wujud konkrit dari keinginan transfer teknologi yang dilakukan Oppo melalui pabriknya antara lain pembatasan jumlah karyawan asing. Perusahaan itu mengklaim hanya akan memberi ruang kecil bagi pekerja asing yang berada di pabrik Tangerang.

"Kami punya komitmen karyawan yang ada di sini nanti tidak banyak karyawan asing. Secara komposisi karyawan yang berasal dari luar negeri khususnya Tiongkok itu hanya dua hingga tiga persen saja dari total karyawan di sini," ungkap Liao Ze saat ditemui tim Techno.id, Jum'at (28/08).

Pabrik milik Oppo berdiri di atas lahan seluas 27.000 meter persegi yang diklaim sebagai pabrik pertama Oppo di luar Tiongkok dan terbesar kedua setelah pabrik utamanya di Shenzhen. Pabrik ini sudah mulai beroperasi pada bulan Agustus setelah melalui proses uji coba yang dilakukan sejak bulan Mei hingga Juli kemarin.

Pihak Oppo mengaku, pabrik barunya itu juga akan dipakai memproduksi seri Mirror 5 yang belum lama ini diluncurkan ke pasaran. Sayangnya, pihak Oppo Indonesia masih belum mengungkapkan kapan proses produksi Mirror 5 bakalan diproduksi di Tangerang.

(brl/red)