CONNECT WITH US
Delvit Grafelly |
 20 April 2016 16:00

Dalam setahun Google klaim temukan 760.000 situs berbahaya

Keberhasilan Google mendeteksi banyak situs berbahaya dalam waktu singkat ditengarai oleh sistem notifikasi baru Google Webmaster

Dalam setahun Google klaim temukan 760.000 situs berbahaya

Techno.id - Menurut sebuah studi terbaru dari Google dan University of California, Berkeley, telah ditemukan sekitar 760.000 situs berbahaya selama periode Juli 2014 hingga Juni 2015. Demikian menurut laporan terbaru sebagaimana dilansir Softpedia (18/04).

Studi yang sempat dipresentasikan di International World Wide Web Conference ini memaparkan, keberhasilan menganalisis 760.953 insiden pembajakan diklaim tak lepas dari peran Google Webmaster, yang sejatinya menerapkan sistem notifikasi baru.

Secara garis besar, fungsi utama sistem notifikasi baru ini adalah menginformasikan para pengguna Google Webmaster jika situs mereka tengah diretas. Dengan begitu, para pemilik situs cepat menyadari bahwa situs mereka tengah menampilkan pesan peringatan dari Google.

Sistem notifikasi baru tersebut bisa berupa email, yang diklaim Google sebanyak 75 persen berhasil diatasi dengan cepat. Sementara jika mengandalkan peringatan berbasis peramban, Google mencatat hasil yang lebih kecil, yakni sebesar 54 persen.

Hal menariknya, sistem notifikasi baru ini juga bisa membantu Google maupun pengelola situs bekerja lebih cepat dalam memperbaiki. Adapun perhitungan dalam persentasenya adalah 62 persen lebih cepat ketika proses pembersihan membutuhkan waktu selama tiga hari.

WHAT TO READ NEXT ?