CONNECT WITH US
Ulwan Fakhri Noviadhista |
 18 April 2016 09:00

Google berambisi bikin kota pintar sendiri

Maukah Anda tinggal di sana?

Google berambisi bikin kota pintar sendiri

Techno.id - Demi mengejar ketertinggalan dari sektor teknologi, sejumlah pemerintah kota dan daerah di Tanah Air memilih untuk menjalankan program smart city di wilayahnya masing-masing. Menariknya, Google tak mau ketinggalan dalam 'tren' ini - walau mereka bukan instansi pemerintah. Yap, Alphabet, perusahaan induk Google, berambisi untuk membuat kota pintarnya sendiri di masa yang akan datang.

Proyek futuristik itu akan digarap oleh Sidewalk Labs, subsider Alphabet. Menurut laporan dari TheInformation.com (14/04/16), petinggi Sidewalk bakal mendiskusikan proyek dengan code name Project Sidewalk ini dengan Larry Page, CEO Alphabet, dalam beberapa pekan mendatang. Jika mendapat dukungan dari Alphabet, Sidewalk segera mengumpulkan sejumlah kawasan yang siap dijadikan uji coba tahun ini.

Memangnya, apa saja yang akan diciptakan di kota pintar versi Google ini? Ada kemungkinan, kawasan itu akan menjadi tempat untuk mengetes internet super cepat hingga mobil tanpa awak.

Proyek pembuatan distrik digital tersebut kabarnya melibatkan 100 orang, dari ahli perencanaan kota, peneliti, hingga ahli teknologi. Kota yang digadang-gadang siap mendukung Google ini, menurut sumber yang sama, adalah Detroit dan Denver.

Semoga saja Alphabet segera memberikan pernyataan resmi perihal proyek ini. Siapa tahu ada yang berminat untuk pindah ke kota tersebut.

WHAT TO READ NEXT ?