Urusan berita, trafik Facebook ternyata lebih tinggi ketimbang Google

Urusan berita, trafik Facebook ternyata lebih tinggi ketimbang Google

Techno.id - Selama ini, Google diyakini sebagai situs terbesar dunia yang dipercaya banyak orang dalam mencari segala informasi. Namun soal berita, tahukah Anda bahwa Facebook ternyata memiliki trafik yang lebih tinggi daripada Google?

Sebagaimana dikutip dari Fortune (18/08), fakta baru tersebut diungkapkan oleh situs analis Parse.ly. Menurut situs tersebut, Facebook telah menyumbang trafik sebesar 43 persen, sedangkan Google hanya menyumbang sebesar 38 persen.

Adapun situs berita ternama yang mendapat sumbangan trafik di antaranya seperti Wired, The Atlantic, Reuters, The Daily Telegraph, Mashable, The Next Web, dan Business Insider (jajaran situs dengan trafik pengunjung unik hingga lebih dari satu miliar per bulan).

Menariknya, hal senada juga diungkapkan oleh situs analis lain seperti Chartbeat. "Ketika kami melihat semua situs di jaringan kami, Facebook mendatangkan lalu lintas (trafik) tiga kali lipat lebih banyak daripada Google," ujar Tony Haile selaku CEO ChartBeat.

Andrew Montalenti, CTO Parse.ly pun mengungkapkan, meningkatnya (sumbangan) trafik Facebook diyakini banyak berasal dari program Instant Article yang diperkenalkan awal tahun ini. Sayangnya, sisi kelemahan Facebook yakni enggan membeberkan bagaimana algoritma yang diterapkan.

Di sisi lain, Google dianggap Montalenti masih lebih unggul karena memberi tahu sistem kerja algoritma yang diterapkan. Dengan kata lain, situs-situs berita dapat menyesuaikan dengan algoritma yang diterapkan Google, baik berupa konten yang maksimal atau hasil optimasi situs.

(brl/red)