CONNECT WITH US
Erick |
 17 Februari 2016 14:00

Berkapasitas 360TB, storage ini bisa bertahan hingga 13 miliar tahun

Apalah artinya memiliki storage berkapasitas besar jika tak berumur panjang seperti yang satu ini?

Berkapasitas 360TB, storage ini bisa bertahan hingga 13 miliar tahun

Techno.id - Ada anggapan beredar, bahwa investasi untuk masa depan yang paling tepat adalah storage. Well, bagaimana tidak, kini masyarakat lebih banyak membutuhkan storage baik fisik maupun cloud untuk menyimpan semua data pribadinya yang semakin hari semakin menumpuk saja. Celah itulah yang kemudian dibidik secara jitu oleh para ilmuwan.

Seperti yang dilansir oleh DIY Photography pada hari Rabu (17/02/16), ketika semua akun cloud Anda penuh, dan hard drive eksternal Anda gagal membaca data, apa yang akan Anda lakukan? Bagaimana jika ketika Anda sedang sangat membutuhkan data sementara hard disk eksternal Anda rusak?

Ya, piranti elektronik yang Anda miliki memang takkan berumur panjang. Pada suatu titik, ia akan rusak, ngadat, dan tak mau mengakses data yang sedang Anda butuhkan. Beberapa ilmuwan dari University of Southampton memiliki jawaban dari permasalahan tersebut.

Ilustrasi nano storage 5D
© 2016 diyphotography.net/diyphotography.net

Mereka sedang mengembangkan storage dengan kapasitas 360TB namun berukuran kecil. Sepintas terlihat seperti lensa kaca berukuran kecil, namun piranti tersebut mampu menyimpan dan membaca data secara 5 dimensi.

Uniknya, selain berkapasitas ekstra besar, storage ini juga mampu bertahan meski berada dalam temperatur 1000oC. Bahkan, para ilmuwan tersebut mengatakan bahwa nano storage ini mampu bertahan hingga 13,8 miliar tahun. Jadi, pengguna takkan lagi khawatir bahwa piranti ini bakal rusak jika suatu saat sangat dibutuhkan.

Untuk lebih jelasnya. simak saja video pembuatan nano storage 5 dimensi berikut ini...

WHAT TO READ NEXT ?