Seagate buat HDD 10TB dari helium, apa kelebihannya?

Seagate buat HDD 10TB dari helium, apa kelebihannya?

Techno.id - Hari ini Seagate mengumumkan bahwa mereka telah meluncurkan (HDD) hard disk drive pertama dengan dukungan helium. Berkat teknologi helium itu pulalah, Seagate mampu menyediakan ruang penyimpanan yang longgar sampai 10TB. Selain itu, ternyata helium juga dapat menekan kepadatan disk hingga 25 persen.

Menurut Seagate, helium yang dimasukkan ke dalam HDD dapat mengurangi turbulensi sehingga bisa menurunkan tingkat gesekan pada piringan disk. Menariknya lagi, karena HDD tadi sudah diisi helium, maka HDD Seagate menjadi lebih ringan. Nantinya, HDD 3,5 ini akan digunakan sebagai pusat data berbasis cloud, seperti yang disadur dari ComputerWorld (13/01/2016).

"HDD Seagate 10TB ditujukan untuk pusat data suatu perusahaan. HDD ini juga menjadi produk pertama yang menggunakan teknologi helium dan akan membantu konsumen dalam memperluas kapasitas penyimpanan secara ekonomi, " kata Wakil Presiden Riset IDC, John Rydning dalam sebuah pernyataan.

Sebelumnya, Seagate sempat memperkenalkan HDD pertama berkapasitas 8TB yang menggunakan teknologi Shingled Magnetic Recording (SMR). Teknologi tersebut memungkinkan Seagate dapat menyisipkan lebih banyak trek di piringan disk.

(brl/red)