CONNECT WITH US
Erick |
 27 Maret 2016 19:00

Atom-Thin Patch, pendeteksi kadar gula darah tanpa jarum suntik

Piranti ini dibuat oleh para ilmuwan dan didedikasikan pada penderita diabetes agar lebih mudah mendeteksi kadar gula darah.

Atom-Thin Patch, pendeteksi kadar gula darah tanpa jarum suntik

Techno.id - Bicara soal wearable gadget, tentu tak melulu soal smartwatch dan semacamnya. Bisa saja piranti yang memang didesain untuk memonitor kesehatan dan sangat berguna bagi mereka yang menderita penyakit tertentu.

Seperti yang telah diberitakan oleh Scientific American pada hari Jumat (25/03/16) lalu, para ilmuwan telah menciptakan sebuah alat untuk membantu para penderita diabetes. Bernama Atom-Thin Patch, piranti ini bahkan tak dibekali dengan jarum untuk mengetahui kadar gula penggunanya.

Ilustrasi Atom-Thin Patch
© 2016 zmescience.com/zmescience.com

Richard Guy, salah seorang ilmuwan dari University of Bath mengatakan bahwa metode ini mampu mengontrol kadar gula darah dengan cara noninvasive. "Karena tak semua orang bersedia untuk menusukkan sesuatu ke dalam kulitnya," ujar Guy menerangkan.

Hanya berbekal sensor glukosa, piranti ini mampu memonitor reaksi dari oksidasi glukosa terhadap kadar gula, dan memproduksi hidrogen peroxida, yang kemudian melalui sebuah proses elektro-kimiawi, bisa memberikan laporan terperinci mengenai kadar gula darah seseorang.

Patch tersebut juga dilengkapi dengan pH dan sensor temperatur sehingga proses deteksi menjadi lebih akurat dan tetap bisa memonitor pasien hanya melalui keringat saja. Namun para ilmuwan tersebut mengatakan bahwa piranti ini masih harus disempurnakan agar dapat memberikan laporan yang lebih akurat setelah nanti diproduksi massal dan digunakan oleh banyak penderita diabetes.

 

WHAT TO READ NEXT ?