CONNECT WITH US
Fendy Hananta Pratama |
 28 Februari 2016 12:00

9 Ibu hamil di Amerika Serikat terjangkit virus Zika

Banyak yang menanyakan, apakah virus Zika hanya membahayakan ibu hamil pada trimester pertama usia kehamilan?

9 Ibu hamil di Amerika Serikat terjangkit virus Zika

Techno.id - Pemberitaan virus Zika di Tanah Air sudah mereda. Namun, di belahan bumi lain seperti Amerika Serikat, virus Zika masih menjadi perbincangan hangat. Bagaimana tidak, virus Zika yang tergolong mematikan pada janin ini telah menginfeksi sembilan ibu hamil di Amerika Serikat.

Hal ini telah dikonfirmasi oleh Centers for Disease Control and Prevention (CDC), badan kesehatan di Amerika Serikat. Menurut mereka, sembilan ibu hamil tersebut terjangkit virus Zika setelah bepergian ke luar negeri. Dari sembilan ibu hamil tadi, terdapat seorang ibu hamil yang melahirkan bayi dengan microcephaly berat (cacat pertumbuhan otak).

Sementara, untuk delapan ibu hamil yang lain, dua di antaranya langsung memilih melakukan aborsi. Dua ibu hamil yang lain mengalami keguguran. Lalu, empat ibu hamil sisanya, dua orang dinyatakan melahirkan secara normal dengan bayi yang sehat dan dua orang lagi masih belum melahirkan.

Sebelumnya, diketahui bahwa terdapat enam ibu hamil yang melaporkan gejala terjangkit virus Zika pada trimester pertama. Enam ibu hamil ini juga yang diketahui kehamilannya mengalami keguguran dan terkena microcephaly, seperti yang dikutip dari TheVerge (26/2/2016).

Sementara, dua ibu hamil yang melahirkan bayi sehat melaporkan tanda-tanda terkena virus Zika pada trimester kedua dan ketiga. Dengan temuan ini, banyak yang menanyakan, apakah virus Zika hanya membahayakan ibu hamil pada trimester pertama usia kehamilan?

Menanggapi kasus ini, CDC mengatakan bahwa penyebaran virus Zika belum bisa dipastikan kapan tepatnya virus tersebut dapat menyebabkan keguguran atau terkena penyakit microcephaly. CDC hanya menjelaskan kalau ibu-ibu hamil tadi kemungkinan mengalami hasil kehamilan yang berbeda-beda lantaran pengaruh demam akibat infeksi virus Zika.

WHAT TO READ NEXT ?