CONNECT WITH US
Indra Zakaria |
 4 Maret 2016 22:00

Dengan Pantheris, bersihkan plak di pembuluh darah jadi lebih aman

Perangkat ini dilengkapi dengan kamera built-in untuk memberikan gambaran detail pembulu darah pasien.

Dengan Pantheris, bersihkan plak di pembuluh darah jadi lebih aman

Techno.id - Baru-baru ini sebuah perusahaan asal Amerika, Avinger baru saja merilis sebuah perangkat bernama Pantheris. Perangkat ini merupakan bentuk terbaru dari atherectomy, sebuah perangkat yang biasa digunakan di dunia medis untuk mencungkil plak pada pembuluh darah penyebab penyakit arteri perifer.

Seperti dikutip dari Engadget (3/3/16), Pantheris ini mampu membantu dokter atau tenaga medis melakukan pembersihan plak pada pembuluh darah dengan aman. Pasalnya, tak hanya mengandalkan sinar X-ray saja, Pantheris juga dibekali dengan kamera built-in yang bakal memberikan gambaran secara real-time jalur pembuluh darah saat proses pencungkilan plak.

Pihak Avinger menjelaskan jika Pantheris menggunakan teknologi optical coherence tomography untuk menggambarkan struktur pembuluh darah dan plak. Dengan adanya teknologi tersebut, Dr Thomas Davis dari Rumah Sakit St. John di Michigan, Amerika mengatakan bisa melihat secara detail letak plak, sehingga proses pembersihan jadi lebih cepat dan efisien serta tentunya lebih aman.

Dr Davis yang ikut dalam proses uji coba perangkat pun menjelaskan bahwa kehadiran Pantheris bisa mengurangi paparan sinar X-ray yang dapat membahayakan jika digunakan dalam jangka waktu yang lama. Selain itu, penggunaan Pantheris pada proses pembersihan plak bakal membantu pasien sembuh lebih cepat dan mengurangi efek samping dari penyakit seperti penyumbatan pembuluh darah serta kram dan mati rasa pada kaki.

Saat ini, Pantheris dilaporkan telah lolos uji coba dari FDA atau badan pengawas obat dan makanan Amerika. Jika tak ada halangan, maka Pantheris sudah bisa digunakan secara luas pertengahan tahun 2016 ini.

 

WHAT TO READ NEXT ?