Jelang diluncurkan, ini prediksi spesifikasi jajaran iPhone 15 Series yang sudah disematkan iOS 17

Jelang diluncurkan, ini prediksi spesifikasi jajaran iPhone 15 Series yang sudah disematkan iOS 17

Prediksi Spesifikasi iPhone 15

Performa

Jelang diluncurkan, ini prediksi spesifikasi jajaran iPhone 15 Series yang sudah disematkan iOS 17 foto:notebookcheck

Dari sisi chipset, kabarnya iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max akan berjalan pada A17 Bionic. Ini adalah chipset yang dibangun di atas proses 3nm, yang berarti bahwa transistor akan lebih padat daripada yang ada di A16 Bionic 4nm. Hal ini akan menghasilkan kinerja yang lebih cepat secara keseluruhan, serta efisiensi daya yang lebih baik.

Sedangkan untuk A16 Bionic, kemungkinan besar akan disematkan pada iPhone 15 dan iPhone 15 Plus. Tahun lalu, Apple menggunakan versi modifikasi dari A15 Bionic dengan inti grafis tambahan untuk digunakan pada iPhone 14.

Belum jelas apakah Apple akan melakukan langkah serupa dengan silikon A16 Bionic yang dijadwalkan untuk iPhone 15. Meskipun tidak dimodifikasi, A16 Bionic diklaim masih mengungguli banyak ponsel Android papan atas yang bertenaga Snapdragon 8 Gen 2.

Di sisi konektivitas, ada kabar tentang dukungan Wi-Fi 6e yang mungkin akan hadir pada iPhone 15, meskipun Apple mungkin membatasi kemampuan tersebut pada model Pro saja.

Baterai dan kecepatan pengisian daya

Jelang diluncurkan, ini prediksi spesifikasi jajaran iPhone 15 Series yang sudah disematkan iOS 17 foto:youtube/macrumors

Keempat model iPhone 15 diperkirakan akan menggunakan baterai yang lebih besar daripada iPhone 14. Apple dikabarkan akan mencoba desain baterai bertumpuk yang memungkinkan sel berkapasitas lebih besar bisa masuk ke dalam ruang yang sama. Hal ini akan menjadi berita baik untuk iPhone 15 dan iPhone 15 Pro karena model 6,1 inci tahun lalu kesulitan untuk mengimbangi daya tahan ponsel Apple yang lebih besar.

Lantas bagaimana dengan peningkatan pada kecepatan pengisian daya 20W pada model iPhone saat ini karena Apple beralih ke USB-C? Penggunaan USB-C diklaim dapat mempercepat proses transfer data.

Banyak yang berharap Apple akan melakukan peningkatan pengisian daya untuk model iPhone 15 Pro. Kabarnya ponsel tersebut akan mendapat peningkatan kecepatan pengisian daya hingga 27W atau 33W.

Lalu bagaimana dengan pengembangan pengisian daya lain? Apakah dukungan untuk pengisian daya nirkabel Qi2 akan hadir pada model iPhone 15? Beberapa orang berpendapat demikian sesuai dengan kecepatan pengisian daya 15W yang ditawarkan MagSafe. Model iPhone 15 Pro dapat menambahkan dukungan untuk pengisian daya nirkabel 15W dari semua pengisi daya nirkabel pihak ketiga.

Perangkat lunak

Jelang diluncurkan, ini prediksi spesifikasi jajaran iPhone 15 Series yang sudah disematkan iOS 17 foto: future

Apa pun model iPhone 15 yang nanti diluncurkan, Apple menjanjikan sudah terinstal dengan iOS 17. Pembaruan perangkat lunak Apple juga akan berjalan pada iPhone XR dan yang lebih baru. Mengingat rekam jejak dukungan perangkat lunak Apple, diharapkan model iPhone 15 Series yang dirilis tahun ini dapat menjalankan pembaruan perangkat lunak iPhone untuk lima tahun ke depan.

Harga awal

Harga iPhone 15 dan iPhone 15 Plus diperkirakan akan sama dengan pendahulunya. Itu berarti harga awal untuk iPhone 15 sekitar USD799 atau sekitar Rp 12,1 juta. Sedangkan iPhone 15 Plus akan dibanderol USD899 atau sekitar Rp 13,7 juta. Kedua varian tersebut akan hadir dengan penyimpanan 128GB pada harga awal.

Lalu bagaimana dengan iPhone 15 Pro yang diperkirakan akan ada kenaikan harga antara USD100 hingga USD 200. Karena itu diprediksi iPhone 15 Pro akan dibanderol mulai dari USD1.099 atau sekitar Rp 16,7 juta, sementara iPhone 15 Pro Max akan tersedia seharga USD1.199 atau sekitar Rp 18,2 juta, naik sekitar USD100 dari model iPhone 14 Pro. Untuk model Pro dan Pro Max akan hadir dengan penyimpanan 256GB pada harga awal.

(brl/red)