Lagi, fitur Emergency SOS iPhone selamatkan wanita dan anjingnya yang terseret banjir hingga ke ngarai

Lagi, fitur Emergency SOS iPhone selamatkan wanita dan anjingnya yang terseret banjir hingga ke ngarai

Techno.id - Lagi-lagi, fitur Emergency SOS via Satelit iPhone 14 menyelamatkan nyawa penggunanya. Masih ingat kisah satu keluarga yang selamat dari kebakaran hebat di Maui, Hawaii belum lama ini berkat fitur tersebut?

Kini giliran seorang wanita pejalan kaki dan anjingnya yang berhasil selamat setelah terseret banjir ke dalam ngarai. Berkat menggunakan fitur Emergency SOS via Satelit dari iPhone 14, ia dan hewan kesayangnnya itu bisa diselamatkan.

Fitur Emergency SOS Apple sebelumnya juga menyelamatkan nyawa banyak orang termasuk seorang pejalan kaki yang terluka. Dalam kasus terbaru ini, seperti dilaporkan appleinsider.com, tim Pencarian dan Penyelamatan Grand County Sheriff (GCSAR) melaporkan bahwa mereka telah menolong seorang pejalan kaki.

Menurut GCSAR, wanita yang tidak disebutkan namanya itu mencoba mengirim SOS Darurat dari iPhone 14 miliknya saat terjadi banjir bandang di Mary Jane Canyon di Grand County, Utah, Amerika Serikat. Dia kemudian melaporkan bahwa telah mendengar datangnya banjir dan berusaha mencapai tempat yang lebih tinggi, tetapi air yang naik mengikis pasir dan kemudian menyeretnya sekitar 70 meter ke dalam ngarai.

Setelah mencoba menelepon SOS, ia mendapat pesan di iPhone yang berbunyi, Layanan Darurat: Pengiriman Pesan Gagal. Karena tidak tahu bahwa Kantor Sheriff akan menerima pesan delapan menit kemudian, ia berusaha mendaki ke tempat yang aman di bawah ngarai.

Lagi, fitur Emergency SOS iPhone selamatkan wanita dan anjingnya yang terseret banjir hingga ke ngarai Ngarai tempat ditemukannya korban di Mary Jane Canyon, Utah. (foto: grand county sheriff's search and rescue)

Setelah kehilangan sepatunya karena banjir, ia mendaki tanpa alas kaki bersama anjingnya. GCSAR mengatakan bahwa pesan darurat yang diterima berisi informasi lokasi dan teks standar yang mengatakan bahwa pemilik perangkat membutuhkan bantuan.

Tim SAR yang terdiri dari para pendaki kemudian pergi ke ngarai tersebut. Saat ditemukan, wanita dan anjingnya berada sekitar 3,7 Km ke arah hilir dari tempat panggilan SOS Darurat berasal.

Tim penyelamat yang berjalan kaki mencapai wanita tersebut sekitar dua jam setelah panggilan pertama dan melaporkan bahwa wanita tersebut tidak terluka. Seorang anggota GCSAR meminjamkan sepatunya. Mereka pun mendaki ke tempat yang lebih aman.

Beruntung wanita tersebut tidak terluka. Kasus ini semakin membuktikan kecanggihan fitur Emergency SOS Apple. Padahal pesan yang disampaikan si wanita tampaknya tidak lengkap sampai ke layanan darurat. Namun fitur ini tetap bisa mengirimkan pesan.

Dalam penggunaan biasa, fitur Emergency SOS Apple akan meminta pengguna melalui serangkaian pertanyaan singkat tentang bantuan yang mereka butuhkan. Hal ini dilakukan untuk kemudian membuat pesan teks sesingkat mungkin dan mengirimkannya meski satelit dapat dijangkau.

(brl/red)