Jelang diluncurkan, ini prediksi spesifikasi jajaran iPhone 15 Series yang sudah disematkan iOS 17

Jelang diluncurkan, ini prediksi spesifikasi jajaran iPhone 15 Series yang sudah disematkan iOS 17

Techno.id - Jelang peluncuran jajaran iPhone 15 pada pertengahan September 2023, beragam kabar mengenai spesifikasi yang bakal diusung semakin mencuat. Meskipun sampai saat ini Apple belum mengisyaratkan apa saja yang akan dipamerkan pada acara peluncuran produk pada 12 September tersebut, namun bisa dipastikan bahwa iPhone 15 menjadi salah satu agenda yang bakal diungkapkan.

Saat ini begitu banyak rumor yang beredar tentang spesifikasi iPhone 15, termasuk varian apa saja yang akan diperkenalkan. Beberapa kalangan memang sudah memprediksi bahwa Apple akan menghadirkan jajaran iPhone 15 mulai dari iPhone 15, iPhone 15 Pro, dan iPhone 15 Plus. Apple juga akan memboyong iPhone 15 Pro Max.

Lantas seperti apa sih prediksi spesifikasi jajaran iPhone 15 yang selama ini beredar? Berikut yang berhasil dirangkum Techno.id dari berbagai sumber mengenai beberapa fitur dan spesifikasi iPhone 15 Series.

Desain

Jelang diluncurkan, ini prediksi spesifikasi jajaran iPhone 15 Series yang sudah disematkan iOS 17 foto:youtube/macrumors

Banyak kalangan yang berharap akan ada beberapa perubahan pada iPhone 15 Series. Setelah menggunakan bingkai bermata lurus selama beberapa tahun terakhir, Apple dikabarkan kembali menggunakan bingkai melengkung untuk sisi-sisi model iPhone 15, sementara layarnya akan tetap datar dan tidak melengkung.

Perubahan signifikan dari masing-masing model tersebut adalah penggunaan port USB-C untuk menggantikan konektivitas Lightning yang telah digunakan Apple selama bertahun-tahun dengan perangkat selulernya. Hal ini berdampak pada kecepatan pengisian daya.

Apple juga dikabarkan akan menggunakan titanium untuk bingkai model iPhone 15 Pro, bukan baja tahan karat. Bahan baru ini dinilai lebih ringan dan lebih tahan lama dari sebelumnya. Penggunaan bahan ini pada model iPhone 15 Pro dapat mengurangi bobot lebih dari setengah ons dibanding pendahulunya.

Selain itu, model iPhone 15 Pro kemungkinan akan menghilangkan tombol mute. Sebagai gantinya akan ada tombol Action yang kabarnya dapat disesuaikan untuk meluncurkan aplikasi tertentu atau mengakses fungsi tertentu.

Sementara iPhone 15 dan iPhone 15 Plus akan mengikuti jejak iPhone 14 Pro tahun lalu dan menghilangkan takik pada layar. Sebagai gantinya, akan ada potongan bergaya Dynamic Island yang akan menjadi tempat kamera depan dan juga berfungsi sebagai rumah untuk Live Activities dan bilah notifikasi.

Layar

Jelang diluncurkan, ini prediksi spesifikasi jajaran iPhone 15 Series yang sudah disematkan iOS 17 foto:9to5mac/ian zelbo

Nah untuk urusan layar, pengguna mungkin tidak bisa mendapatkan perubahan besar. Sebab, keempat model iPhone 15 diperkirakan akan menyamai ukuran layar pendahulunya. Meski begitu, ada kabar bahwa iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max disematkan bezel yang lebih kecil sehingga layar terlihat lebih besar.

Namun pada iPhone 15 Pro Max mungkin ada perubahan yang cukup signifikan di sektor layar. Kabarnya Apple akan meningkatkan kecerahan maksimum hingga 2.500 nits. Sebagai perbandingan, iPhone 14 Pro Max memiliki kecerahan maksimum 2.000 nits.

Sayangnya, pada model standar iPhone 15 maupun iPhone 15 Plus diperkirakan tidak akan mengalami peningkatan kecepatan refresh. Artinya, kedua ponsel akan tetap memiliki kecepatan refresh 60Hz yang terkunci. Berbeda dengan iPhone 15 Pro dan Pro Max yang memiliki panel ProMotion yang dapat diturunkan dari 120Hz hingga 1Hz, tergantung pada aktivitas pengguna di layar.

Kamera

Jelang diluncurkan, ini prediksi spesifikasi jajaran iPhone 15 Series yang sudah disematkan iOS 17 foto: alphatech

Di sektor kamera, iPhone 15 dan iPhone 15 Plus akan mendapatkan peningkatan dibanding iPhone 14 Pro tahun lalu. Sebab kamera utama 12MP pada iPhone 14 Pro akan digantikan dengan sensor 48MP. Hal ini memungkinkan iPhone entry-level menangkap bidikan yang lebih detail.

Jika ada peningkatan kamera untuk iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max, kemungkinan besar akan terjadi pada sensor kamera utama. Apple dikabarkan beralih ke sensor Sony yang lebih besar, yang berukuran hampir satu inci. Sensor ini akan menghasilkan gambar yang lebih cerah dan lebih berwarna.

Peningkatan kamera yang cukup signifikan akan disematkan pada iPhone 15 Pro Max. Karena Apple tampaknya akan menekankan beberapa perbedaan antara iPhone 15 Pro dengan iPhone 15 Pro Max.

Bisa jadi iPhone 15 Pro Max akan mendapatkan lensa telefoto bergaya periskop. Sensor ini dirancang untuk meningkatkan zoom 3x yang ditawarkan model iPhone Pro saat ini. Asumsi umum yang beredar, lensa telefoto baru iPhone 15 Pro Max akan menawarkan zoom optik 6x, meskipun ada kabar yang mengatakan bahwa peningkatannya bisa mencapai 10x.

(brl/red)