Cara mengaktifkan akun Instagram yang dinonaktifkan, tak perlu panik

Cara mengaktifkan akun Instagram yang dinonaktifkan, tak perlu panik

Techno.id - Instagram merupakan salah satu platform media sosial yang memiliki banyak pengguna. Sistematika penggunaan aplikasi ini sejatinya sama dengan media sosial lain. Setiap orang bisa memposting foto, video, hingga story pada akun yang mereka miliki. Tidak hanya itu, menambah teman menggunakan Instagram juga bukan hal yang susah. Sistem follow pada Instagram memberikan kemudahan pada setiap user untuk berbaur dengan banyak orang.

Selama menggunakan Instagram, ada saja kendala yang dihadapi. Mulai dari gagal login, lupa password, hingga akun yang dinonaktifkan. Kaitannya dengan akun yang dinonaktifkan, Instagram sendiri memiliki beberapa kebijakan untuk melakukan tindakan tersebut.

Tidak hanya dari pihak Instagram, setiap pengguna juga bisa menonaktifkan akun mereka secara manual. Jika sudah dinonaktifkan, tentu ada cara yang bisa dilakukan untuk mengaktifkan kembali akun tersebut. Berikut techno.id telah merangkum dari berbagai sumber pada Jumat (16/9) cara mengaktifkan akun Instagram yang dinonaktifkan.

Cara menonaktifkan sementara akun Instagram.

Cara mengaktifkan akun Instagram yang dinonaktifkan, tak perlu panik

foto: pixabay.com

Sebelum mengetahui cara mengaktifkan akun Instagram yang dinonaktifkan, perlu diketahui bahwa ada dua cara yang bisa dilakukan untuk menonaktifkan akun platform media sosial tersebut.

Setiap pengguna diberi kemudahan untuk menonaktifkan akun mereka jika diinginkan. Tidak hanya itu, pihak Instagram juga bisa menonaktifkan akun yang terkesan mencurigakan. Untuk mulai menonaktifkan akun Instagram secara sementara, kamu bisa simak langkah berikut.

1. Buka website Instagram menggunakan browser di HP atau perangkat lain.
2. Masuk ke menu login dan ketikkan username serta password.
3. Pada sisi atas kanan akan ada ikon orang lalu klik.
4. Klik edit profile.
5. Klik temporarily disable my account yang ada di sisi kanan bawah.
6. Kamu bisa isikan alasan ingin menonaktifkan akun lalu masukkan password.
7. Langkah terakhir klik temporarily disable account.

Cara mengaktifkan kembali akun Instagram yang dinonaktifkan sementara.

Cara mengaktifkan akun Instagram yang dinonaktifkan, tak perlu panik

foto: pixabay.com

Setelah mengetahui cara sementara akun Instagram, tentu tidak lengkap jika tidak mengetahui bagaimana mengaktifkan kembali akun tersebut.

Ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk mengembalikan akun Instagram yang telah dinonaktifkan semenatara. Untuk membaha cara tersebut, kamu bisa simak langkah berikut.

1. Buka website resmi Instagram atau buka melalui aplikasi.
2. Jika kamu menggunakan browser, scroll ke bagian bawah di bagian login kemudian ketikkan username dan password.
4. Sedangkan jika menggunakan aplikasi, kamu bisa langsung masukkan username dan password.
5. Jika sudah klik masuk atau log in.
6. Secara otomatis akun Instagram yang kamu miliki akan aktif kembali.

Cara mengaktifkan akun Instagram yang dinonaktifkan.

Cara mengaktifkan akun Instagram yang dinonaktifkan, tak perlu panik

foto: pixabay.com

Jika sudah paham dengan cara mengaktifkan dan menonaktifkan sementara akun Instagram yang kamu miliki, sekarang giliran membahas cara mengaktifkan kembali akun Instagram yang dinonaktifkan oleh pihak Instagram sendiri.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, pihak Instagram bisa dengan mudah menonaktifkan akun seseorang jika terjadi kejanggalan pada akun tersebut. Namun jika tidak ada kejanggalan penggunaan, kamu bisa melakukan cara berikut agar akun yang dimiliki bisa digunakan lagi.

1. Coba reset password

Cara pertama yang bisa kamu lakukan jika akun Instagram yang digunakan dinonaktifkan adalah mereset password. Kamu bisa masuk ke Aplikasi Instagram kemudian login dengan mengisikan username lalu klik lupa password. Maka secara otomatis Instagram akan mengirimkan email untuk melakukan reset password.

2. Coba ajukan banding

Cara lain yang bisa kamu gunakan untuk mengembalikan akun Instagram yang dinonaktifkan adalah mengajukan banding. Cara ini bisa dilakukan jika kamu yakin bahwa penggunaan akun Instagram tersebut tidak melibatkan hal yang aneh. Jika kamu merasa menggunakan Instagram dengan normal, masuk ke bagian Pusat bantuan untuk mengajukan banding. Cara ini memang tidak selalu berhasil, namun bisa kamu coba jika diperlukan.


(brl/guf)