Asus rilis ROG Phone 6D dan 6D Ultimate, ini spesifikasi dan harganya

Asus rilis ROG Phone 6D dan 6D Ultimate, ini spesifikasi dan harganya

Techno.id - Asus Merupakan sebuah perusahaan besar asal yang berfokus pada proses produksi barang elektronik. Setiap produk yang dihasilkan Asus hadir dengan spesifikasi menarik yang membuat barang dari perusahaan tersebut memiliki banyak peminat. Tidak hanya unggul di sektor spesifikasi, Asus juga kerap memberikan berbagai inovasi anyar yang membuat produk mereka laku di pasaran.

Kini Asus kembali merilis produk anyar pada sektor ponsel gaming. Dua perangkat anyar ROG Phone 6D dan 6D Ultimate resmi meluncur di pasaran untuk turut meramaikan persaingan. Di atas kertas, spesifikasi ROG Phone 6D dan 6D Ultimate tentu tidak perlu diragukan lagi. Berbekal chipset kencang besutan MediaTek membuat kedua perangkat ini mempu digunakan dengan lancar.

Asus tentu tidak hanya berfokus pada performa kedua perangkat ini. Sektor lain yang tidak kalah penting seperti desain juga mendapat beberapa sentuhan manis dari Asus. Komponen pendukung yang disematkan Asus pada ROG Phone 6D dan 6D Ultimate juga merupakan part terbaru yang mampu meningkatkan kenyamanan penggunaan.

Berkaitan dengan produk anyar tersebut, berikut techno.id telah merangkum dari berbagai sumber pada Rabu (21/9), spesifikasi lengkap dan harga ROG Phone 6D dan 6D Ultimate.

Asus ROG Phone 6D

Asus rilis ROG Phone 6D dan 6D Ultimate, ini spesifikasi dan harganya

foto: rog.asus.com

Asus ROG Phone 6D hadir sebagai smartphone gaming dengan desain gaming yang sangat ketara. Kali ini Asus memberikan satu opsi warna Space Gray pada ROG Phone 6D yang membuatnya terkesan simpel namun tetap elegan. Layaknya smartphone gaming lainnya, ROG Phone 6D tentu memiliki dimensi dan bobot yang tidak bisa dibilang ringan. Dimensi 173 x 77 x 10.4 mm dan bobot 239 g pada ponsel gaming ini memang termasuk besar dan berat. Namun komponen yang digunakan bukan kelas sembarangan.

Selesai membahas desain, sektor lain yang perlu dilirik tentu saja dapur pacu. Asus ROG Phone 6D dibekali dengan chipset Dimensity 9000+ (4 nm). Chipset terbaru dari MediTek ini dipadukan dengan dua varian RAM dan storage 12 GB / 256 GB serta 16 GB / 256 GB. Untuk mendukung performa kencang dari chipset yang dibawakan, dua opsi RAM besar yang ada tentu sudah lebih dari mampu. Storage 256 GB yang hadir di sektor penyimpanan juga bisa menggunakan banyak data pribadi dengan baik.

Asus rilis ROG Phone 6D dan 6D Ultimate, ini spesifikasi dan harganya

foto: rog.asus.com

Bagian terpenting dari sebuah smartphone tentu ada di bagian layar. Kali ini Asus membekali ROG Phone 6D dengan layar berukuran 6.78 inch FHD+ (1080 x 2448) AMOLED, 1B colors, 165Hz, HDR10+, 1200 nits, Corning Gorilla Glass Victus. Tak banyak digemborkan, Asus menggunakan layar AMOLED dengan ukuran yang tidak bisa di bilang kecil. Yang menjadi poin penting adalah teknologi refresh rate yang digunakan. Dengan refresh rate 165Hz, melibas game berat tentu akan mudah dan lancar.

Sebagai sebuah ponsel kekinian, Asus tidak lupa membekali ROG Phone 6D dengan kamera pada sisi belakang dan depan. Pada bagian belakang ROG Phone 6D, Asus memberikan triple camera pada sisi kiri atas dengan lensa 50 MP, f/1.9, 24mm (wide), 13 MP, f/2.2, 13mm (ultrawide), dan 5 MP, (macro), dengan fitur LED flash, HDR, panorama yang mampu merekam video hingga 8K@24fps. Sedangkan bagian depan ROG Phone 6D menggunakan modul single selfie camera 12 MP, 28mm (wide) dengan fitur Panorama, HDR yang mampu merekam video hingga 1080p@30fps.

Asus rilis ROG Phone 6D dan 6D Ultimate, ini spesifikasi dan harganya

foto: rog.asus.com

Tidak hanya kamera, Asus juga memberikan berbagai koneksi wireless menarik pada ROG Phone 6D. Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac/6e, tri-band, Wi-Fi Direct, hotspot sudah mampu menangkap jaringan internet dengan lancar. Sedangkan Bluetooth 5.3 yang merupakan varian terbaru sudah bisa memudahkan keperluan mengirim dan menerima file dengan cepat.

Baterai dari Asus ROG Phone 6D memiliki kapasitas 6000 mAh Lithium-Ion Polymer. Baterai jumbo ini ditemani berbagai fitur menarik seperti Fast charging 65W, Reverse charging 10W, Power Delivery 3.0, dan Quick Charge 5 yang mampu mempercepat pengisian daya ROG Phone 6D.

Asus ROG Phone 6D Ultimate

Asus rilis ROG Phone 6D dan 6D Ultimate, ini spesifikasi dan harganya

foto: rog.asus.com

Tinyak hanya merilis ROG Phone 6D, Asus juga menghadirkan versi Ultimate yang memiliki beberapa perbedaan. Dari segi tampang, Asus ROG Phone 6D Ultimate sejujurnya hanya memiliki beberapa perbedaan minor dengan ROG Phone 6D. Varian warna Space Gray sama persis seperti ROG Phone 6D. Namun Asus membuat layar kecil pada sisi belakang 6D Ultimate cenderung di kanan tengah body ponsel. Sedangkan 6D sendiri memiliki layar kecil yang cenderung berada di kanan, tengah bawah darui bodu perangkat.

Masih di sektor fisik, dimensi dari Asus ROG Phone 6D Ultimate sendiri memiliki ukuran yang sama seperti ROG Phone 6D, namun bobot kedua perangkat ini dibedakan oleh Asus. Asus ROG Phone 6D Ultimate memiliki dimensi 173 x 77 x 10.4 mm dengan bobot 247 g. Perangkat ini menjadi 8 g lebih berat dibanding ROG Phone 6D.

Asus rilis ROG Phone 6D dan 6D Ultimate, ini spesifikasi dan harganya

foto: rog.asus.com

Meski memiliki bobot yang sedikit lebih berat, namun chipset yang digunakan Asus ROG Phone 6D Ultimate sama seperti ROG Phone 6D. Dibekali chipset MediaTek Dimensity 9000+ (4 nm) yang disandingkan dengan satu varian RAM dan storage 16 GB / 512 GB membuat perangkat ini bisa dijalankan dengan lancar. Keperluan berat seperti bermain game tentu bisa dijalankan pada ROG Phone 6D Ultimate tanpa perlu tenaga lebih.

Sektor layar Asus ROG Phone 6D Ultimate bahkan bisa dibilang sama persis. Layar dengan ukuran 6.78 inch FHD+ (1080 x 2448) AMOLED, 1B colors, 165Hz, HDR10+, 1200 nits, Corning Gorilla Glass Victus disematkan pada sisi depan perangkat gaming ini. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, menggunakan ponsel gaming ini untuk keperluan berat akan terasa sangat nyaman berkat dukungan teknologi refresh rate 165Hz.

Asus rilis ROG Phone 6D dan 6D Ultimate, ini spesifikasi dan harganya

foto: rog.asus.com

Tidak hanya sama di bagian layar, Asus ROG Phone 6D Ultimate dan ROG Phone 6D juga memiliki kemiripan di sektor kamera. Sisi belakang ROG Phone 6D Ultimate hadir dengan modul triple camera 50 MP, f/1.9, 24mm (wide), 13 MP, f/2.2, 13mm (ultrawide), dan 5 MP, (macro), dibekali fitur LED flash, HDR, panorama yang mampu merekam video hingga 8K@24fps. Sedangkan single selfie camera pada bagian depan ROG Phone 6D Ultimate memiliki lensa 12 MP, 28mm (wide) dengan fitur Panorama, HDR yang mampu merekam video hingga 1080p@30fps.

Sama seperti ROG Phone 6D, Asus ROG Phone 6D Ultimate juga dibekali koneksi wireless menarik. Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac/6e, tri-band, Wi-Fi Direct, hotspot sudah lebih dari mampu untuk menangkap dan menerima jaringan internet dengan lancar. Tak lupa Bluetooth 5.3 juga tidak absen dari ROG Phone 6D Ultimate untuk memudahkan keperluan menerima dan mengirim file.

Untuk menunjang performa tinggi dari chipset yang dibawakan, Asus membekali ROG Phone 6D Ultimate dengan baterai jumbo yang memiliki kapasitas sama seperti ROG Phone 6D. Baterai berkapasitas 6000 mAh Lithium-Ion Polymer hadir dengan modul USB Type-C dengan fitur Fast charging 65W, Reverse charging 10W, Power Delivery 3.0, dan Quick Charge 5 yang memudahkan setiap pengguna untuk mengisi daya perangkat ini.

Dilansir dari gsmarena.com, perkiraan harga Asus ROG Phone 6D dan 6D Ultimate akan berada di angka yang berbeda. Asus ROG Phone 6D diperkirakan dibanderol dengan harga mulai dari 900 EUR atau setara Rp 13,3 jutaan. Sedangkan Asus ROG Phone 6D Ultimate diperkirakan akan meluncur dengan harga 1370 EUR atau setara Rp 20,3 jutaan. Harga ini masih belum pasti, mengingat Asus belum menjelaskan secara detail harga dua ponsel gaming tersebut.


(brl/guf)