WhatsApp luncurkan fitur pesan suara yang akan langsung menghilang setelah penerima mendengarnya

WhatsApp luncurkan fitur pesan suara yang akan langsung menghilang setelah penerima mendengarnya

Techno.id - WhatsApp resmi meluncurkan fitur pesan suara yang akan menghilang setelah penerima mendengarnya. Fitur Sekali Lihat sebenarnya sudah tersedia untuk foto dan video sejak 2021 lalu, namun sekarang fitur ini diperluas untuk pesan audio.

Memang agak membingungkan bahwa WhatsApp menggunakandiskiSekali Lihat untuk pesan suara, bukan Sekali Dengar. Meski begitu, fitur ini tetap memberikan proteksi bagi penguna.

Dalam siaran persnya, WhatsApp menyarankan pengguna yang ingin menggunakan fitur ini sebaiknya digunakan untuk membacakan informasi kartu kredit kepada teman, atau ketika merencanakan sebuah kejutan.

WhatsApp luncurkan fitur pesan suara yang akan langsung menghilang setelah penerima mendengarnya foto: unsplash/mika baumeister

Pengguna sekarang dapat berbagi informasi sensitif melalui pesan suara tanpa perlu khawatir. Namun WhatsApp memberikan catatan agar kamu hanya mengirimkan foto, video, atau pesan suara sekali lihat ke orang yang kamu percayai.

Agar konsisten dengan fitur Sekali Lihat untuk foto dan video, pesan suara "Sekali Lihat" juga ditandai dengan ikon satu kaliyang hanya dapat diputar satu kali.

Seperti halnya semua pesan pribadi pengguna, WhatsApp selalu melindungi pesan suara dengan enkripsi end-to-end. Fitur Sekali Lihat hanyalah contoh lain dari inovasi privasi WhatsApp yang terus berlanjut.


Cara menggunakannya

WhatsApp luncurkan fitur pesan suara yang akan langsung menghilang setelah penerima mendengarnya foto: whatsapp

Kamu dapat mengirim pesan suara yang akan hilang dari obrolan setelah penerima membukanya satu kali. Begini cara mengirim pesan media dan suara sekali lihat.

1. Buka obrolan individu atau grup.

2. Ketuk mikrofon.

3. Usap ke atas untuk mengunci rekaman.

4. Ketuk dan tahan rekam.

5. Ketuk simbol sekali lihat. Saat simbol ini berubah menjadi hijau, kamu berada dalam mode sekali lihat.

6. Ketuk kirim. Jika penerima telah mengaktifkan fitur baca pesan, kamu akan melihat tanda terima terbuka di obrolan ketika mereka telah membuka media atau pesan suara kamu.

(brl/red)