Tak lama lagi pengguna WhatsApp bisa memanfaatkan chatbot AI dalam aplikasi

Tak lama lagi pengguna WhatsApp bisa memanfaatkan chatbot AI dalam aplikasi

Techno.id - Pemanfaatan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) tampaknya akan ditambahkan hampir di semua aplikasi dan platform digital. WhatsApp kini dikabarkan sedang meningkatkan pengujian chatbot sendiri, dengan akses yang lebih mudah ke sejumlah fitur yang sedang dalam proses pengerjaan.

Pada September lalu, aplikasi besutan Meta ini mengumumkan berbagai peningkatan AI yang bakal hadir di WhatsApp. Sejak saat itu, sejumlah kecil pengguna telah dapat bermain-main dengan chatbot AI di dalam aplikasi WhatsApp, yang mampu menjawab pertanyaan, membuat teks,termasuk membuat karya seni seperti stiker.

Saat ini seperti dilansir WABetaInfo, pintasan ke fungsionalitas obrolan AI telah ditambahkan ke layar percakapan di versi beta WhatsApp untuk Android. Jika kamu menjalankan versi beta awal aplikasi, mungkin akan segera melihatnya.

Tak lama lagi pengguna WhatsApp bisa memanfaatkan chatbot AI dalam aplikasi foto: freepik

Ini juga berarti bahwa tidak akan lama lagi semua pengguna akan mendapatkan fitur yang sama. Dengan begitu pengguna bisa melihat perbandingan AI WhatsApp dengan aplikasi lain seperti ChatGPT dan Google Bard dalam hal memberikan informasi yang berguna dan akurat.

WhatsApp dan AI

Tujuan chatbot AI di dalam WhatsApp adalah untuk membantu kegiatan sehari-hari pengguna, menawarkan saran, termasuk apa yang harus diperhatikan saat meng-upgrade ponsel cerdas.

Sebenarnya WhatsApp bukanlah aplikasi perpesanan pertama yang mencoba cara ini. Snapchat memperkenalkan fitur serupa pada Februari lalu, dan obrolan dengan teman AI muncul di samping percakapan melalui aplikasi.

Tak lama lagi pengguna WhatsApp bisa memanfaatkan chatbot AI dalam aplikasi foto: freepik/inkdrop

Sebenarnya penambahan kemampuan AI generatif ke dalam aplikasi adalah agar pengguna tidak perlu meninggalkan platform yang digunakan dan pergi ke tempat lain untuk mendapatkan jawaban dari AI.

WhatsApp menjadi salah satu aplikasi yang paling sering melakukan permbaruan fitur. Baru-baru ini pengguna bisa melihat stiker obrolan buatan AI, alat buletin, dan fitur untuk melawan pengirim spam yang diperkenalkan untuk pengguna pengirim pesan instan.

(brl/red)