Kini pengguna WhatsApp untuk iOS dapat berbagi gambar dan video beresolusi tinggi dengan kualitas asli

Kini pengguna WhatsApp untuk iOS dapat berbagi gambar dan video beresolusi tinggi dengan kualitas asli

Techno.id - WhatsApp meluncurkan fitur baru untuk pengguna iOS, yang memungkinkan mereka berbagi foto dan video dalam kualitas aslinya tanpa kompresi. Fitur ini bisa digunakan jika pengguna sudah melakukan pembaruan WhatsApp versi 23.24.73.

Fitur ini saat ini tersedia untuk pengguna terbatas. Seperti dikutip dari WABetaInfo, fitur ini akan terus diluncurkan ke lebih banyak pengguna. Jadi jika pengguna sudah menjalankan versi tersebut dan tidak melihat pembaruan, itu karena 23.24.73 hanya ditandai sebagai pembaruan yang kompatibel.

WABetaInfo pertama kali mencatat bahwa fitur khusus ini hadir di iOS pada November lalu. Awalnya diuji coba fitur ini dilakukan kelompok tertentu sebelum akhirnya fitur ini diluncurkan untuk semua pengguna iOS. Pembaruan ini mengikuti fase pengujian serupa untuk pengguna Android yang dimulai pada September lalu.

Dengan fitur ini, pengguna yang menjalankan WhatsApp di iOS akhirnya akan dapat mengirim video dan foto mereka sebagai dokumen, sehingga memungkinkan mereka mempertahankan kualitas asli dari file tersebut. Fitur ini juga akan memungkinkan mereka untuk mengirim dokumen tanpa perlu melewati beberapa rintangan.

Begini cara menggunakannya

Kini pengguna WhatsApp untuk iOS dapat berbagi gambar dan video beresolusi tinggi dengan kualitas asli foto: freepik/darkdream

Untuk menggunakan fitur ini, pengguna dapat membuka obrolan, mengetuk ikon '+', pilih 'Dokumen', pilih 'Foto atau Video', dan konfirmasikan dengan mengetuk tanda panah biru. Namun, perlu dicatat bahwa pratinjau media tidak akan muncul di antarmuka obrolan utama, tetapi penerima dapat melihatnya dengan mengetuk file yang dikirim. Ukuran file maksimum yang diperbolehkan untuk fitur ini adalah 2GB.

Sebelumnya untuk berbagi media beresolusi tinggi di WhatsApp harus melibatkan perubahan ekstensi file secara manual. Pembaruan baru ini untuk menyederhanakan prosesnya, menawarkan cara yang mudah digunakan untuk berbagi media berkualitas asli.

Pembaruan sebelumnya

Kini pengguna WhatsApp untuk iOS dapat berbagi gambar dan video beresolusi tinggi dengan kualitas asli foto: unsplash/alexander shatov

Sebelumnya, WhatsApp memperkenalkan opsi untuk mengirim foto HD di iOS, Android, dan desktop. Namun, masih melibatkan beberapa tingkat kompresi. Sementara pembaruan saat ini mengambil lompatan ke depan dengan memungkinkan pengguna berbagi file media tanpa kompresi apa pun dengan tetap mempertahankan kualitas aslinya.

Langkah WhatsApp ini sejalan dengan upaya berkelanjutan untuk meningkatkan pengalaman pengguna, seperti yang terlihat sebelumnya dengan diperkenalkannya foto HD pada Agustus lalu. Namun, pembaruan terbaru ini mengambil langkah lebih jauh dengan menyediakan cara yang mulus untuk berbagi media berkualitas tinggi tanpa kompromi dalam kualitas.

(brl/red)