Tips memulihkan file yang terhapus dan cara memperbaiki kartu SD yang rusak

Tips memulihkan file yang terhapus dan cara memperbaiki kartu SD yang rusak

Techno.id - Mungkin banyak dari kamu pernah mengalami kondisi di mana file yang tersimpan di dalam kartu SD (Secure Digital Card) terhapus baik di dalam perangkat smartphone atau kamera digital.

Bisa jadi kamu telah menghapus file yang tampaknya tidak perlu secara permanen, namun belakangan baru menyadari bahwa kamu benar-benar membutuhkannya. Akan beda kondisinya jika sebelumnya kamu sudah mencadangkan file tersebut ke perangkat lain. Mengembalikan file tersebut bukanlah pekerjaan sulit.

Tapi bagaimana jika hal tersebut belum kamu lakukan sementara file sudah kadung terhapus? Bagaimana kamu akan mendapatkan kembali file-file tersebut? Mungkinkah file tersebut dipulihkan atau hilang selamanya.

Namun, sangat penting bagi kamu untuk tidak langsung memformat kartu. Coba pulihkan file terlebih dahulu, lalu format kartu SD setelah itu.

Ingat, mungkin pembaca kartu SD yang salah. Jika komputer kamu tidak mengenali kartu SD, coba gunakan perangkat lain untuk melihat apakah itu penyebabnya. Jika ya, kamu masih dapat menggunakan komputer biasa. Cukup beli pembaca kartu SD yang dicolokkan ke port USB.

Tetapi jika kamu telah mengidentifikasi kartu SD itu sendiri sebagai masalahnya, inilah yang harus dicoba. Metode dalam artikel ini berlaku untuk Windows 10 dan Windows 11.

Cara memulihkan file kartu SD menggunakan perangkat lunak pemulihan

Tips memulihkan file yang terhapus dan cara memperbaiki kartu SD yang rusak foto: easeus

EaseUS Data Recovery Wizard adalah perangkat lunak pemulihan data paling andal yang membantu memulihkan segala sesuatu mulai dari foto, video, dan musik hingga email di kartu SD, hard drive, USB, dan media penyimpanan lainnya. Kehilangan data kartu SD diselesaikan dalam 3 langkah. Semua jenis kartu SD bermerek didukung seperti SanDisk, Samsung, Kingston, dan Sony.

Selain itu ada banyak aplikasi yang mengklaim dapat memulihkan data dari kartu memori yang rusak atau 'mati'. Disk Digger adalah salah satu opsi. Ini gratis untuk digunakan, tetapi kamu harus membayar USD14,99 atau sekitar Rp235 ribuan untuk benar-benar memulihkan file apa pun yang dapat dipulihkan.

Namun, ada banyak opsi gratis lainnya yang patut dicoba seperti Recuva, DiskDrill hingga 500MB, Paragon Rescue Kit, CGSecurity PhotoRec, Minitool Partition Wizard Free Edition yang dapat memulihkan partisi yang terhapus. Lalu ada juga Kroll Ontrack EasyRecovery, dan TestDisk.

Tetapi jika tidak ada yang berhasil, mungkin sudah waktunya untuk mencoba opsi berbayar. Selain Disk Digger, ada beberapa opsi lain seperti menggunakan Stellar Windows Data Recovery yang dikenakan biaya berlangganan USD99,99 atau sekitar Rp1,5 jutaan per tahun. Ada juga Kroll Ontrack EasyRecovery, mulai dari USD59,99 atau sekitar Rp941 ribuan.

Hanya saja, saat menggunakan perangkat lunak semacam itu, tidak ada jaminan kamu akan mendapatkan kembali file secara utuh, dan biasanya akan kehilangan nama file aslinya yang dapat menjadi masalah bagi sebagian orang. Orang lain akan dapat mengganti nama file yang dipulihkan dengan relatif mudah.

Beberapa program pemulihan gratis dibatasi pada jumlah file atau jumlah data yang akan dipulihkan. Jadi cari batasan apa pun sebelum mengunduh. Juga berhati-hatilah terhadap program tambahan yang tidak diinginkan yang mungkin diinstal bersama perangkat lunak gratis. Jangan pernah menggunakan opsi penginstalan yang 'Disarankan'.

Tips memulihkan file yang terhapus dan cara memperbaiki kartu SD yang rusak foto: ccleaner

Selalu pilih 'Manual' dan baca setiap layar dengan cermat, menyisih dari bilah pencarian dan perangkat lunak lainnya. Dalam hal ini Techno.id merujuk pada penggunaan Recuva. Tetapi metodenya secara umum sama apa pun yang kamu gunakan.

1. Instal aplikasi, lalu masukkan kartu SD yang rusak ke pembaca kartu komputer kamu

2. Luncurkan aplikasi

3. Jika diminta, putuskan jenis file mana yang ingin kamu pulihkan. Jika tidak yakin, pilih semua

4. Pilih kartu SD kamu sebagai lokasi spesifik tempat file disimpan

5. Mulai pemindaian, yang biasanya memakan waktu beberapa menit

Tips memulihkan file yang terhapus dan cara memperbaiki kartu SD yang rusak foto: ccleaner

6. Dari daftar file yang dipulihkan, lihat apakah yang kamu Jika tidak, Recuva dan beberapa aplikasi lain memiliki opsi untuk pemindaian yang lebih lama yang mungkin lebih efektif

7. Pilih semua file yang ingin kamu pulihkan, lalu pilih tempat untuk menyimpannya

8. File mungkin telah kehilangan nama asli dan ekstensi filenya, jadi edit keduanya jika perlu

(brl/red)