Tips memulihkan file yang terhapus dan cara memperbaiki kartu SD yang rusak

Tips memulihkan file yang terhapus dan cara memperbaiki kartu SD yang rusak

Cara memulihkan file dari SD Card

Cara memperbaiki kartu SD yang rusak

Tips memulihkan file yang terhapus dan cara memperbaiki kartu SD yang rusak foto: freepik/kos-51

Kartu SD standar tidak terlalu tahan lama, sehingga mudah rusak jika kamu membawanya di saku atau tidak terlindungi di dalam tas. Terkadang sakelar proteksi penulisan kecil akan mati, membuat kartu SD kamu berhenti bekerja di kamera atau perangkat lain.

Jika kartu kamu secara fisik baik-baik saja, dan sakelar (jika ada) dalam posisi 'tidak terkunci', kamu dapat mencoba salah satu alat bawaan Windows untuk mencoba memperbaikinya.

Pilihan kamu akan bervariasi tergantung pada apakah kartu muncul di File Explorer atau tidak. Jika ya, klik kanan, pilih Properties, lalu tab Tools. Klik Periksa dan Windows akan memindai kesalahan pada kartu dan mencoba memperbaikinya.

Jika kartu SD tidak muncul di File Explorer, gunakan pintasan Tombol Windows + X dan pilih Manajemen Disk. Di alat ini kamu dapat melihat drive mana yang dapat 'dilihat' oleh Windows dan daftarnya dapat menyertakan drive yang tidak memiliki huruf drive. Jika kamu tidak dapat mengidentifikasi kartu SD dalam daftar drive, kartu tersebut benar-benar mati atau pembaca kartu tidak berfungsi dengan baik, mungkin karena masalah driver.

Jika kartu SD ada di sana, tetapi tanpa huruf drive, kamu harus dapat mengklik kanan dan menggunakan opsi yang tersedia untuk memberikan huruf drive atau memformatnya ke sistem file yang dapat dibaca Windows dan kemudian dapat mengalokasikan huruf. Setelah selesai, kartu SD akan berfungsi seperti biasa.

(brl/red)