5 Tips merawat memori eksternal smartphone agar tidak cepat rusak

5 Tips merawat memori eksternal smartphone agar tidak cepat rusak

Techno.id - Memori eksternal pada smartphone semakin umum digunakan untuk menyimpan data, foto, video, dan aplikasi tambahan. Memori eksternal tidak hanya menyediakan ruang tambahan, tetapi juga berfungsi sebagai penyimpanan portabel yang memudahkan pertukaran data antar perangkat.

Namun, seringkali kita melupakan pentingnya merawat memori eksternal tersebut, yang pada akhirnya dapat mempercepat kerusakan dan mengakibatkan kehilangan data yang berharga. Dengan memahami cara yang tepat untuk mengelola dan melindungi memori eksternal, pengguna dapat memaksimalkan manfaatnya sambil memastikan keandalan dan keamanan data yang disimpan. Berikut 5 tips merawat memori eksternal smartphone agar tidak cepat rusak, Jumat (22/12).

1. Hindari pemakaian yang berlebihan

5 Tips merawat memori eksternal smartphone agar tidak cepat rusak foto: freepik/kirisa99

Memori eksternal memiliki batasan siklus baca dan tulis. Oleh karena itu, hindari melakukan transfer data yang berlebihan atau menghapus serta menyimpan data secara terus-menerus. Usahakan untuk memindahkan data hanya ketika diperlukan dan hindari menghapus serta menyimpan data secara berulang-ulang.

2. Cabut memori dengan benar

5 Tips merawat memori eksternal smartphone agar tidak cepat rusak foto: freepik/vitalii_petrushenko

Sebelum mencabut memori eksternal dari smartphone, pastikan kamu menggunakan opsi 'Eject' atau 'Unmount' yang disediakan sistem operasi. Hal ini akan memastikan bahwa semua proses penulisan data telah selesai dan meminimalkan risiko kehilangan atau kerusakan data.

3. Jauhkan dari suhu ekstrem

5 Tips merawat memori eksternal smartphone agar tidak cepat rusak foto: freepik

Memori eksternal rentan terhadap suhu ekstrem, baik panas maupun dingin. Hindari meninggalkan smartphone di tempat yang terlalu panas, seperti di dalam mobil yang terkena sinar matahari langsung. Suhu yang tinggi dapat merusak sirkuit internal dan mempercepat proses keausan.

4. Gunakan casing pelindung

5 Tips merawat memori eksternal smartphone agar tidak cepat rusak foto: freepik/formatoriginal

Melindungi smartphone dan memori eksternal dengan casing yang sesuai dapat memberikan perlindungan ekstra dari benturan dan goresan. Casing pelindung akan membantu meredam dampak jika smartphone jatuh atau terkena tekanan fisik lainnya, yang dapat merusak memori eksternal.

5. Periksa kesehatan secara berkala

5 Tips merawat memori eksternal smartphone agar tidak cepat rusak foto: freepik/bublikhaus

Lakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala terhadap memori eksternal. Beberapa smartphone menyediakan opsi untuk memeriksa integritas memori eksternal melalui aplikasi bawaan atau aplikasi pihak ketiga. Jika terdapat masalah, segera ambil tindakan untuk menghindari kerusakan lebih lanjut.

Dengan menerapkan tips-tips di atas, kamu dapat memperpanjang masa pakai dan menjaga kinerja optimal dari memori eksternal smartphone. Merawat dengan baik akan memberikan keuntungan jangka panjang, tidak hanya dalam hal penyimpanan data, tetapi juga dalam menjaga integritas perangkat secara keseluruhan.

(magang/rama prameswara)

(brl/red)