Peneliti China memperkenalkan format disk optik dengan kapasitas hingga 125TB

Peneliti China memperkenalkan format disk optik dengan kapasitas hingga 125TB

Techno.id - Para peneliti di China telah mengembangkan format disk optik berkapasitas super tinggi yang diklaim dapat menampung hingga 125TB data. Seperti dilaporkan SCMP Hong Kong, disk baru ini digambarkan secara lahiriah mirip dengan format Penyimpanan Data Optik (ODS) sebelumnya seperti disk Blu-ray. Namun, berkat penerapan nanoteknologi dan arsitektur penumpukan 3D, kepadatan meningkat sekitar 10.000 kali lipat.

Kebutuhan penyimpanan digital saat ini semakin meningkat karena baik perusahaan atau pengguna individu yang terhubung secara digital ingin menyimpan dan memproses data dalam jumlah yang juga terus meningkat. Oleh karena itu, banyak penelitian dilakukan untuk menghasilkan penyimpanan yang mendorong lokasi penyimpanan dalam satu dimensi atau lebih, yang bertujuan untuk meningkatkan kecepatan, kapasitas, dan daya tahan.

Saat ini menurut para peneliti, terjadi krisis data digital yang paling mendesak untuk diatasi dalam satu kapasitas. Itu adalah target kritis dari penelitian ODS baru yang dilakukan para ilmuwan dari Universitas Shanghai untuk Sains dan Teknologi, Universitas Peking, dan Institut Optik dan Mekanika Halus Shanghai, dan Laboratorium Utama Fotokimia.

Peneliti China memperkenalkan format disk optik dengan kapasitas hingga 125TB

foto: nature

Menurut para ilmuwan, solusi yang menjanjikan untuk penyimpanan data arsip jangka panjang yang hemat biaya adalah solusi yang membutuhkan beberapa inovasi. Pertama, penumpukan 3D dari ratusan lapisan data memperluas kepadatan data disk optik. Kedua, film photoresist yang diolah dengan pewarna emisi yang diinduksi agregasi digunakan untuk kepadatan data yang sangat baik pada setiap lapisan disk yang sangat tipis. Terakhir, teknologi membaca dan menulis data perlu disesuaikan untuk media baru yang kompleks.

Dalam penelitian ini para ilmuwan China menggunakan cakram 120mm dua sisi dengan 100 lapisan di kedua sisinya. Namun, disk tidak lebih tebal dari disk optik yang mungkin kamu gunakan saat ini di home theater atau pengaturan game konsol, karena lapisannya sangat tipis dan hanya terpisah satu mikrometer.

Diharapkan disk 1,6 petabit (125TB) yang baru ini akan membantu mencegah keretakan data yang akan terjadi di beberapa tingkatan. Dengan demikian akan menjadi mungkin untuk membangun pusat data tingkat exabit di dalam ruangan alih-alih ruang seukuran stadion dengan menumpuk 1.000 disk skala nano tingkat petabit bersama-sama.

Selain itu, disk optik baru diklaim sangat stabil sehingga tidak ada persyaratan penyimpanan khusus. Para peneliti menggembar-gemborkan umur simpan yang diharapkan dari 50 hingga 100 tahun.

(brl/red)