Sinyal ponsel cerdas kamu lemot? Coba 6 cara ini untuk memperkuatnya

Sinyal ponsel cerdas kamu lemot? Coba 6 cara ini untuk memperkuatnya

Techno.id - Pada masa-masa awal ponsel, untuk mendapatkan sinyal yang baik adalah sebuah perjuangan. Tetapi sekarang, cakupan jaringan telekomunikasi yang disediakan operator sudah semakin luas, sehingga istilah plesetan GSM (geser sedikit mati) tampaknya sudah tidak relevan.

Bahkan untuk di Indonesia sebagai negara kepulauan, jaringan telekomunikasi sudah menjangkau hampir di seluruh pelosok. Meski begitu, tetap saja masih ada zona mati di sejumlah daerah, terutama di wilayah perdesaan. Bahkan di wilayah perkotaan dengan bangunan pencakar langit pun terkadang masih ditemukan wilayah yang susah sinyal.

Nah jika kamu mengalami masalah sinyal, jangan putus asa. Ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mendapatkan penerimaan yang lebih baik.

1. Periksa pengaturan di perangkat

Sinyal ponsel cerdas kamu lemot? Coba 6 cara ini untuk memperkuatnya foto: freepik/creativeart

Jika mengalami masalah sinyal, hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah memeriksa pengaturan perangkat. Penyebab paling umum adalah Mode Pesawat dan pengaktifan Data Selular di pengaturan cepat.

Untuk mengakses menu ini, geser ke bawah dari kanan atas layar di iPhone, dan geser ke bawah dari atas di perangkat Android. Kemudian, pastikan Mode Pesawat dinonaktifkan, dan Data Seluler diaktifkan.

Terlepas dari masalahnya, ada baiknya mengaktifkan dan menonaktifkan Mode Pesawat lagi. Cara ini menyegarkan koneksi dan terkadang dapat memperbaiki masalah sinyal yang terputus-putus.

Jika ponsel dalam mode hemat daya, kamu juga harus menonaktifkannya. Terkadang, tindakan penghematan daya yang agresif dapat memengaruhi kinerja jaringan.

2. Pegang ponsel secara berbeda

Sinyal ponsel cerdas kamu lemot? Coba 6 cara ini untuk memperkuatnya foto: freepik

Ponsel modern tidak lagi menggunakan antena eksternal. Sebaliknya, antena tersembunyi di dalam sasis. Jika kamu memegang ponsel dengan cara tertentu, tangan kamu dapat memblokir antena dan melemahkan sinyalnya.

Coba pegang ponsel lebih rendah untuk menghindari pemblokiran antena. Posisi antena biasanya ditempatkan pada sepertiga bagian atas sasis ponsel. Kamu juga dapat mencoba mengaktifkan telepon speaker dan meletakkan telepon di atas meja untuk melihat apakah itu membantu.

Selain itu, jika ponsel dilindungi casing, kamu dapat mencoba melepasnya untuk melihat apakah berdampak pada kekuatan sinyal. Casing ponsel dari merek terkenal seharusnya tidak menimbulkan masalah. Tetapi jika kamu menggunakan casing yang tidak biasa, terutama yang terbuat dari logam, maka itu bisa menjadi penyebab buruknya kekuatan sinyal perangkat.

3. Ubah lokasi

Sinyal ponsel cerdas kamu lemot? Coba 6 cara ini untuk memperkuatnya foto: freepik

Salah satu alasan utama melemahnya sinyal telepon adalah penghalang antara lokasi kamu dan menara selular terdekat. Biasanya, ini adalah hasil dari jenis bangunan tempat kamu berada. Sinyal cenderung lebih buruk di bangunan logam seperti gudang, atau di bangunan bawah tanah seperti tempat parkir atau basement. Langkah terbaik dengan mencoba pergi ke luar.

Sementara jika berada di wilayah pedesaan, jika mengalami masalah sinyal, kemungkinan besar kamu berada di wilayah lembah. Sinyal selular tidak merambat dengan baik melalui tanah. Jadi jika memungkinkan, kamu mencoba cari posisi yang lebih tinggi untuk menemukan penerimaan yang lebih baik.

(brl/red)