Cara memperbaiki masalah kartu SIM smartphone yang tidak terbaca

Cara memperbaiki masalah kartu SIM smartphone yang tidak terbaca

Techno.id - Perkembangan teknologi smartphone begitu sangat signifikan dalam beberapa dekade terakhir. Meski begitu, sebuah smartphone tetap membutuhkan kartu Subscriber Identity Module (SIM). Saat ini, sejumlah ponsel telah bermigrasi menggunakan e-SIM. Tetapi masih banyak menggunakan kartu SIM fisik agar smartphone bisa berfungsi untuk komunikasi dan beraktivitas digital.

Namun ada kalanya pengguna mengalami masalah kartu SIM mereka tidak terbaca. Biasanya muncul notifikasi tidak ada SIM. Pesan kesalahan ini umum terjadi dan dapat muncul karena berbagai alasan.

Ketika memiliki pesan tidak ada SIM, maka kemungkinan besar kamu tidak dapat menggunakan fitur selular, seperti melakukan panggilan, mengirim pesan SMS, atau menggunakan data. Ini bisa membuat frustrasi, terutama jika kamu sering mendapatkan kesalahan.

Jadi, mengapa ponsel kamu mengatakan Tidak ada SIM, dan bagaimana cara memperbaikinya? Berikut cara mengatasi masalah kartu SIM tidak terbaca yang berhasil dirangkum Techno.id dari berbagai sumber.

Penyebab muncul notifikasi Tidak ada SIM

Cara memperbaiki masalah kartu SIM smartphone yang tidak terbaca foto: freepik

Ada beberapa alasan mengapa ponsel kamu mungkin mengatakan Tidak ada SIM. Yang paling jelas adalah SIM-nya hilang, salah pasang, atau rusak. Jika kamu menemukan pesan ini setelah mencoba menyiapkan eSIM, kemungkinan penginstalan eSIM kamu tidak berjalan dengan benar. Tentu saja, ada alasan lain mengapa ponsel menampilkan kesalahan tersebut.

Kesalahan sementara

Masalah sesaat yang disebabkan kesalahan dalam perangkat lunak ponsel atau pengoperasian operator jaringan kamu.

Masalah dengan slot kartu SIM atau perangkat keras ponsel lainnya

Perangkat keras iPhone atau ponsel Android kamu mungkin mengalami masalah yang menghentikannya mendeteksi SIM.

Masalah dengan konfigurasi kartu SIM

Mungkin ada masalah sementara dengan konfigurasi kartu SIM atau pengaturan jaringan kamu.

Pembaruan perangkat lunak yang tertunda

Ponsel kamu mungkin memiliki pembaruan perangkat lunak yang perlu dilakukan sebelum kamu dapat menggunakan kembali kemampuan selular ponsel.

Masalah dengan operator atau akun selular kamu

Mungkin ada masalah dengan operator jaringan kamu, atau akun kamu dengan operator tersebut mungkin telah dinonaktifkan karena alasan tertentu.

Pesan kesalahan yang kamu lihat mungkin berbeda-beda sesuai dengan model ponsel. Di iPhone, pesan akan bertuliskan Tidak ada SIM di bilah status di sebelah bilah jaringan kosong, dan pesan Tidak Ada Kartu SIM Terpasang atau Tidak ada SIM yang tersedia akan muncul di pop-up dan di notifikasi.

Kamu mungkin juga melihat pesan SIM Tidak Valid di iPhone. Di ponsel Android, pesannya akan serupa, disertai dengan bilah jaringan kosong, terkadang dengan tanda silang (x) di sebelah ikon.

Ini yang harus dilakukan jika muncul notifikasi Tidak Ada SIM

Cara memperbaiki masalah kartu SIM smartphone yang tidak terbaca foto: freepik/kuprevich

Ada beberapa langkah untuk dicoba di antaranya adalah perbaikan sederhana dan cepat yang dapat kamu coba sendiri. Tetapi beberapa mungkin mengharuskan kamu mendapatkan bantuan dari seorang profesional. Apple menyarankan beberapa perbaikan jika iPhone kamu menunjukkan kesalahan tanpa SIM.

1. Periksa apakah SIM kamu ditautkan ke paket aktif. Kamu dapat menghubungi operator untuk memeriksa ulang apakah masalah tersebut bukan karena penangguhan akun, tagihan yang belum dibayar, atau masalah lain apa pun yang mungkin membuat operator menangguhkan koneksi kamu.

2. Mulai ulang perangkat. Langkah ini akan menghilangkan gangguan perangkat lunak sementara yang menyebabkan masalah.

3. Perbarui pengaturan penyedia jaringan. Kamu dapat melakukannya di Pengaturan > Umum > Tentang. Pilih OK atau Perbarui jika pembaruan tersedia. Ini akan memperbaiki masalah perangkat lunak atau konfigurasi yang lebih besar.

4. Jika kamu menggunakan eSIM, hubungi operator. Masalah dengan eSIM lebih rumit, jadi sebaiknya hubungi penyedia layanan untuk mengidentifikasi masalah dan solusinya dengan benar.

5. Jika kamu menggunakan kartu SIM fisik, keluarkan baki kartu SIM dengan alat pelepas SIM. Keluarkan SIM dari baki, pasang kembali. Pastikan baki SIM adalah yang asli untuk ponsel kamu dan tidak kendor atau berubah bentuk. Jika tidak pas, kamu mungkin memerlukan baki pengganti. Juga, periksa apakah SIM itu sendiri mengalami kerusakan.

6. Coba gunakan kartu SIM lain. Kamu dapat menggunakan cadangan yang mungkin kamu miliki di telepon lain, atau mengunjungi toko ritel penyedia jaringan dan meminta mereka untuk mencoba kartu SIM lain di telepon kamu. Kamu mungkin perlu mendapatkan kartu SIM pengganti dari operator.

Untuk ponsel Android, langkah yang sama harus dilakukan untuk memperbaiki kesalahan tanpa SIM. Namun, langkah-langkah untuk mengakses pengaturan jaringan akan bervariasi tergantung pada merek dan model ponsel.

(brl/red)