Ponsel kamu sering kehabisan daya? Lacak aplikasi dan layanan latar belakang yang boros baterai

Ponsel kamu sering kehabisan daya? Lacak aplikasi dan layanan latar belakang yang boros baterai

Techno.id - Aplikasi tertentu di dalam smartphone terkadang menguras baterai lebih banyak daripada yang lain. Yang paling jelas adalah YouTube, Netflix, dan layanan streaming. Bermain game secara terus menerus juga dapat menguras baterai, terutama jika kamubermain game dengan grafis kelas atas.

Banyak aplikasi yang menyebabkan baterai terkuras tanpa penggunaan aktif. Aplikasi seperti Facebook, Messenger, Instagram, dan WhatsApp adalah yang paling umum.

Layanan komunikasi seperti ini mencoba membuat kamu tetap terhubung dan diperbarui setiap saat. Artinya, aplikasi-aplikasi tersebut terus beroperasi di latar belakang, menggunakan data, menarik lokasi, mengirim pemberitahuan, dan banyak lagi.

Begini cara mengatasi aplikasi yang menguras baterai

Ponsel kamu sering kehabisan daya? Lacak aplikasi dan layanan latar belakang yang boros baterai foto: freepik/billionphotos

1. Jaga agar unduhan aplikasi tetap minimal

Lakukan pembersihan dan hapus aplikasi yang tidak kamu perlukan.

2. Hentikan aplikasi yang bekerja di latar belakang

Jika kamu merasa sebuah aplikasi menghabiskan terlalu banyak daya baterai, kamu dapat membatasi latar belakangnya. Cukup buka Pengaturan > Aplikasi > Pilih aplikasi > Penggunaan baterai aplikasi > Dibatasi.

3. Tutup aplikasi

Ponsel kamu sering kehabisan daya? Lacak aplikasi dan layanan latar belakang yang boros baterai foto: jofreepik

Meskipun perangkat Android dibuat untuk melakukan banyak tugas, ada kalanya menutup aplikasi adalah pilihan terbaik. Sebab, terkadang aplikasi bisa saja berperilaku buruk atau gagal. Kondisi tersebut sering kali menguras baterai ponsel. Sebaiknya tutup atau matikan aplikasi dengan membuka Pengaturan > Aplikasi > Pilih aplikasi > Paksa berhenti.

4. Perhatikan penggunaan

Kamu menginginkan daya tahan baterai yang lebih lama, tetapi sering bermain game, menonton film, dan menghabiskan waktu berjam-jam di jejaring sosial. Karena itu perhatikan aplikasi yang kamu gunakan dan berapa lama menggunakan ponsel.

(brl/red)