Ini penjelasan mengapa menelpon dari dalam kendaraan yang sedang berjalan bikin baterai ponsel boros

Ini penjelasan mengapa menelpon dari dalam kendaraan yang sedang berjalan bikin baterai ponsel boros

Techno.id - Mungkin selama ini kamu belum menyadari jika melakukan panggilan atau menerima telepon di dalam kendaraan yang sedang berjalan, apalagi dalam kecepatan tinggi, dapat menguras baterai smartphone.

Bahkan Google di halaman dukungannya menyarankan agar kamu sebaiknya menutup telepon saat sedang berada di dalam kendaraan aik itu mobil, bus, atau kereta api. Sebab, hal tersebut dapat merusak masa pakai baterai.

Penjelasannya, saat bergerak dengan kecepatan tinggi, ponsel cerdas kamu harus bekerja ekstra cepat agar kamu tetap terhubung. Dalam kondisi tersebut, ponsel cerdas harus beralih antara jaringan selular dan frekuensi saat kamu bepergian. Tak heran jika Google memasukkan hal ini ke dalam daftar "aktivitas menguras daya tinggi."

Ini penjelasan mengapa menelpon dari dalam kendaraan yang sedang berjalan bikin baterai ponsel boros foto: freepik/pvproductions

Karena itu Google menyarankan agar kamu tidak melakukan panggilan telepon saat bepergian, seperti di dalam mobil jika ingin memperpanjang daya baterai. Google menyarankan agar kamu menghindari upaya koneksi internet yang konstan jika kamu khawatir tentang daya baterai.

Aktivitas serupa yang juga harus kamu hindari dalam situasi tersebut termasuk streaming video atau musik dan menggunakan GPS dalam waktu lama. Jika kamu harus menggunakan ponsel cerdas saat bepergian tanpa soket listrik, maka kamu dapat menggunakan pengisi daya portabel (power bank) untuk membantu daya tahan baterai.

Namun, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah beralih ke mode daya rendah. Jika itu tidak cukup, selalu ada opsi untuk mengaktifkan Mode Pesawat.

Cara menggunakan mode daya rendah android

Ini penjelasan mengapa menelpon dari dalam kendaraan yang sedang berjalan bikin baterai ponsel boros foto: freepik/yuriarcurspeopleimages

Beberapa ponsel Android dilengkapi dengan penghemat baterai atau mode daya rendah, yang membantu pengisian daya lebih lama. Mode Penghemat Baterai dapat diakses di Pengaturan perangkat > Baterai. Lalu pilih Menu > Penghemat Baterai > dan ketuk "Aktif. Bagian atas dan bawah layar kamu akan berubah menjadi oranye.

Saat Penghemat Baterai aktif, ini mengaktifkan tema gelap Android dan membatasi atau mematikan aktivitas latar belakang.

(brl/red)