Penyebab power bank lambat saat di-charge dan mengisi daya smartphone, begini cara mengatasinya  

Penyebab power bank lambat saat di-charge dan mengisi daya smartphone, begini cara mengatasinya  

Cara mengatasi power bank mengisi daya lambat

Power bank lambat mengisi daya smartphone

Penyebab power bank lambat saat di-charge dan mengisi daya smartphone, begini cara mengatasinya foto: freepik/vitalii_petrushenko

Ada juga kasus dimana power bank dapat terisi daya dengan baik, tetapi ketika mengisi daya smartphone justru membutuhkan waktu lama untuk mencapai daya penuh.

Dalam kasus ini, salah satu skenario yang paling umum kamu menggunakan port output yang salah untuk mengisi daya smartphone. Sebagai informasi, sebagian besar power bank memiliki beberapa port output, masing-masing dengan nilai output yang berbeda. Nilai output yang paling umum adalah 5V/1A, 5V/2.1A, dan 5V/2.5A.

Misalnya, jika kamu mengisi daya ponsel smartphone melalui port 5V/1A, maka akan membutuhkan waktu dua kali lebih lama dibanding mengisi daya melalui port 5V/2.1A.

Jika pada power bank kamu, port output tidak diberi label, cobalah untuk menemukannya di buku petunjuk. Atau sederhananya, ganti port pengisian daya dan lihat apakah kecepatannya meningkat. Jika masih terjadi kelambatan saat mengisi smartphone, berikut adalah beberapa faktor yang mempengaruhi kecepatan pengisian daya smartphone.

1. Smartphone kamu mungkin memiliki protokol pengisian daya cepat yang tidak ada pada power bank

Penyebab power bank lambat saat di-charge dan mengisi daya smartphone, begini cara mengatasinya foto: freepik/psodaz

Banyak smartphone modern yang dilengkapi versi Qualcomm Quick Charge. Namun, untuk dapat menggunakannya saat mengisi daya, power bank kamu juga harus mendukung protokol yang sama.

Tetapi tidak semua power bank memilikinya. Dalam hal ini, kamu akan melihat bahwa smartphone mengisi daya lebih cepat jika menggunakan pengisi daya ponsel daripada menggunakan power bank.

2. Disebabkan kabel pengisi daya

Penyebab power bank lambat saat di-charge dan mengisi daya smartphone, begini cara mengatasinya foto: freepik/alexlypa

Jika kamu menggunakan kabel pengisi daya berkualitas rendah, hal ini dapat berdampak negatif pada kecepatan pengisian daya smartphone.

3. Menggunakan smartphpone saat sedang diisi daya

Penyebab power bank lambat saat di-charge dan mengisi daya smartphone, begini cara mengatasinya foto: freepik/fabrikasimf

Semakin sering kamu menggunakan smartphone saat diisi daya oleh power bank, semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk mengisi daya smartphone. Hal ini terutama terjadi jika kamu menggunakan aplikasi yang membutuhkan sumber daya yang besar seperti video game.

4. Port input smartphone kotor

Penyebab power bank lambat saat di-charge dan mengisi daya smartphone, begini cara mengatasinya foto: master1305

Seiring berjalannya waktu, debu dan kotoran dapat menumpuk di port input smartphone, terutama jika tidak dilengkapi dengan penutup pelindung. Kadang-kadang kotoran ini tidak terlihat sehingga memengaruhi konektivitas yang akhirnya mengurangi kecepatan pengisian daya. Coba bersihkan port input menggunakan sikat kecil atau penyedot debu.

(brl/red)