Cara menggunakan pengisian daya terbalik iPhone 15, bisa menjadi power bank darurat

Cara menggunakan pengisian daya terbalik iPhone 15, bisa menjadi power bank darurat

Techno.id - Ketika meluncurkan iPhone 15 di acara Wonderlust pada 12 September 2023, Apple menampilkan port USB-C, bukan port lightning yang selama bertahun-tahun digunakan. Pengenalan port USB-C pada iPhone 15 mengundang reaksi beragam.

Beberapa orang merasa senang akhirnya memiliki teknologi ini di iPhone, karena menawarkan transfer data dan kecepatan pengisian daya yang lebih cepat. Namun, sebagian lainnya mengungkapkan rasa frustrasi atas hilangnya port lightning yang ikonik. Meski demikian, salah satu keuntungan Apple mengadopsi USB-C adalah kemampuan iPhone yang baru untuk mendukung pengisian daya terbalik.

Artinya opsi ini tidak hanya untuk mengisi daya iPhone dan perangkat Android lain, tetapi juga mengakomodasi aksesori seperti AirPods, Apple Watch, dan perangkat kecil lain yang kompatibel yang mendukung USB Power Delivery dengan memberikan daya hingga 4,5 watt.

Menggunakan pengisian daya terbalik iPhone 15

Cara menggunakan pengisian daya terbalik iPhone 15, bisa menjadi power bank darurat foto: freepik/alexraw

Pengisian daya terbalik bukanlah fitur baru pada perangkat Android. Proses pengisian daya terbalik untuk iPhone 15 pada dasarnya sama dengan smartphone Android.

Pengisian daya terbalik dapat dilakukan dengan kabel atau nirkabel. Untuk saat ini, iPhone 15 hanya mendukung pengisian daya terbalik berkabel menggunakan USB-C. Untuk menggunakan fitur ini di iPhone 15, Apple memberikan kabel USB-C Woven ganda pada saat pembelian.

Tancapkan salah satu ujung kabel ke iPhone dan ujung lainnya ke gadget lain yang memiliki port USB-C. Bisa saja iPhone 15 lain, AirPods, Apple Watch, atau bahkan perangkat Android. Itu saja.

Selain itu, pengguna juga dapat melakukan pengisian daya terbalik pada iPhone 15 menggunakan kabel USB-C ke kabel lightning biasa untuk model iPhone yang lebih lama. Ketika pengguna mencolokkan iPhone 15 ke perangkat dengan port Lightning, secara otomatis akan mengisi daya perangkat tersebut sambil menarik daya dari iPhone 15. Namun, jika pengguna menyambungkan iPhone 15 ke iPhone 15 lain menggunakan kabel USB-C ke USB-C, iPhone dengan persentase baterai yang lebih tinggi akan mengisi daya iPhone yang memiliki tingkat baterai lebih rendah.

Mengapa fitur ini penting?

Cara menggunakan pengisian daya terbalik iPhone 15, bisa menjadi power bank darurat foto: apple

Fitur pengisian daya terbalik sangat berguna untuk membantu aktivitas penggunaan smartphone sehari-hari. Bayangkan kamu berada dalam situasi baterai lemah dan harus segera melakukan panggilan atau mengirim teks dalam keadaan darurat. Sayangnya, mungkin tidak ada stopkontak yang tersedia untuk mengisi daya perangkat. Atau kamu juga tidak membawa power bank.

Dalam kasus seperti itu, kamu bisa mengambil kabel dan menyambungkannya ke ponsel lain untuk mendapatkan daya. Selain itu, fitur ini memungkinkan pengguna membantu teman atau anggota keluarga dengan memasok daya ke perangkat mereka saat dibutuhkan.

Sering kali mungkin kamu lupa mengisi daya perangkat seperti AirPods atau Apple Watch sebelum berolahraga. Dalam situasi seperti itu, iPhone 15 kamu dapat berfungsi sebagai power bank darurat untuk memastikan aksesori kamu siap digunakan.

(brl/red)