Penasaran berapa kali power bank kamu bisa mengisi daya ponsel? Begini penjelasannya

Penasaran berapa kali power bank kamu bisa mengisi daya ponsel? Begini penjelasannya

Techno.id - Power bank menjadi salah satu perangkat yang wajib kamu miliki. Apalagi jika kamu sering traveling. Sumber daya listrik alternatif ini akan sangat membantu kamu ketika menjelajahi tempat-tempat yang sulit untuk mengakses sumber listrik.

Saat ini di pasaran, powerbank memiliki kapasitas yang beragam mulai dari 5.000 mAh hingga 50.000 mAh. Secara umum, power bank mampu memberikan output 80% hingga 90% untuk mengisi daya perangkat lain dan menggunakan sisanya, sekitar 10% hingga 20%, untuk menampilkan indikator pengisian daya, senter, dan suara bip pada powerbank itu sendiri.

Nah dengan ukuran yang bervariasi tersebut, kamu mungkin tidak tahu berapa kali power bank dapat mengisi daya perangkat (ponsel)? Saat ini katakanlah rata-rata orang memiliki power bank dengan kapasitas 20.000 mAh.

Penasaran berapa kali power bank kamu bisa mengisi daya ponsel? Begini penjelasannya foto: freepik/richardnazaretyan

Dengan kapasitas 20.000 mAh, dalam keadaan penuh berapa kali sebenarnya power bank tersebut dapat mengisi ponsel kamu. Misalnya, ponsel kamu memiliki daya baterai sekitar 5.000 mAh.

Berikut Techno.id sajikan table kapasitas baterai power bank dan jumlah pengisian daya yang dapat dilakukan untuk mengisi penuh ponsel dengan baterai 5000 mAh setelah melakukan pengujian pada beberapa power bank dengan kapasitas berbeda.

Kapastitas Jumlah pengisian
10.000 mAh 1 kali
20.000 mAh 3 kali
30.000 mAh 5 kali
40.000 mAh 7 kali
50.000 mAh 9 kali

Tabel di atas adalah untuk mengisi daya ponsel dari 0% hingga 100%. Namun sebaiknya kamu menghindari kondisi tersebut karena terkait siklus pengisian dan pengosongan baterai. Sebaiknya lakukan pengisian baterai sebelum benar-benar habis atau ponsel mati total. Pengisian ulang daya pun upayakan hanya sampai 80% saja.

(brl/red)