Penyebab power bank lambat saat di-charge dan mengisi daya smartphone, begini cara mengatasinya  

Penyebab power bank lambat saat di-charge dan mengisi daya smartphone, begini cara mengatasinya  

Techno.id - Terkadang kecepatan pengisian daya power bank bisa menjadi sangat lambat. Berkurangnya kecepatan pengisian daya ini bisa disebabkan beberapa faktor. Namun, ada dua jenis situasi berbeda yang melibatkan power bank daya yang lambat mengisi daya.

Power bank lambat saat di-charge

Dalam kasus ini, kamu membutuhkan waktu yang sangat lama bagi power bank untuk mencapai pengisian penuh. Kamu mungkin harus membiarkannya semalaman atau bahkan lebih lama dan masih melihat bahwa power bank tidak mengisi daya hingga kapasitas penuh. Berikut beberapa alasan mengapa power bank mengisi daya dengan sangat lambat.

1. Pengisi daya dinding tidak menyediakan daya yang cukup

Penyebab power bank lambat saat di-charge dan mengisi daya smartphone, begini cara mengatasinya foto: freepik

Karena sebagian besar power bank tidak dilengkapi pengisi daya, maka kamu harus mengisinya melalui sumber listrik di dinding. Tetapi dalam beberapa kasus, misalnya untuk mengisi daya power bank 60W, agar terisi penuh dibutuhkan waktu sekitar 3 jam dengan pengisi daya cepat.

Jika kamu mengisinya dengan pengisi daya biasa, mungkin diperlukan waktu hingga 8 jam untuk mencapai pengisian penuh. Jadi, pastikan kamu menggunakan pengisi daya dinding yang dapat memasok daya dalam jumlah yang baik.

2. Menggunakan kabel pengisian daya berkualitas rendah

Penyebab power bank lambat saat di-charge dan mengisi daya smartphone, begini cara mengatasinya foto: freepik/pvproductions

Meskipun sekilas tidak signifikan, namun kabel pengisi daya pasti memengaruhi waktu pengisian daya. Jika kamu menggunakan kabel berkualitas rendah, maka kemungkinan besar akan memiliki beberapa jam waktu untuk mengisi penuh power bank.

3. Menggunakan power bank pada saat bersamaan

Penyebab power bank lambat saat di-charge dan mengisi daya smartphone, begini cara mengatasinya foto: freepik/fabrikasimf

Jika power bank kamu dilengkapi pengisian daya pass-through, maka dapat mengisi daya dan mengosongkan daya secara bersamaan. Namun, dalam kasus ini, akan membutuhkan waktu yang lebih lama bagi power bank untuk mencapai 100%. Hal ini karena perangkat yang terhubung akan terus menerus menarik daya, tetapi juga karena pengisian daya pass-through menghasilkan panas ekstra, yang membuat proses pengisian daya menjadi kurang efisien.

4. Power bank memiliki kapasitas yang sangat besar

Secara keseluruhan, semakin besar kapasitas power bank, semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk mengisi daya. Jangan berharap power bank 70000mAh dapat mengisi daya dalam waktu yang sama dengan perangkat 5000mAh.

5. Power bank sudah mendekati akhir masa pakainya

Penyebab power bank lambat saat di-charge dan mengisi daya smartphone, begini cara mengatasinya foto: freepik/xb100

Jika kamu sudah memiliki power bank untuk waktu yang lama, ada kemungkinan power bank tersebut mengalami penurunan kualitas karena terlalu sering digunakan. Salah satu konsekuensinya adalah berkurangnya efisiensi, yang dapat menyebabkan waktu pengisian daya menjadi lebih lambat.

(brl/red)