Pahami kesehatan baterai dan cara memeriksanya di ponsel Android agar tetap tokcer

Pahami kesehatan baterai dan cara memeriksanya di ponsel Android agar tetap tokcer

Cara memeriksa kesehatan baterai ponsel Android

Lantas bagaimana cara mengetahui kesehatan baterai ponsel Android?

Ada beberapa cara untuk mengecek kesehatan baterai ponsel Android. Jika kamu memiliki smartphone Samsung Galaxy, prosesnya mudah dan untuk perangkat Android lainnya, ikuti langkah-langkah berikut.

1. Menggunakan kode khusus

Pahami kesehatan baterai dan cara memeriksanya di ponsel Android agar tetap tokcer foto: freepik/wdnetstudio

Buka aplikasi Telepon di ponsel cerdas kamu dan tekan kode *#*#4636#*#*. Ini akan membuka menu tersembunyi yang berisi opsi seperti Informasi Telepon, Statistik penggunaan, status baterai, dan informasi Wi-Fi. Selanjutnya, buka halaman status baterai untuk mengetahui status kesehatan baterai.

Namun, trik ini hanya berfungsi di sejumlah kecil perangkat karena status baterai disembunyikan di sebagian besar perangkat Android, termasuk perangkat Google Pixel. Oleh karena itu, cara terbaik untuk memeriksa kesehatan baterai ponsel Android, jika kamu memiliki ponsel cerdas non-Samsung, adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga dari Google Play Store.

2. Gunakan aplikasi pihak ketiga

Pahami kesehatan baterai dan cara memeriksanya di ponsel Android agar tetap tokcer foto: play.google.com

Aplikasi AccuBattery adalah salah satu aplikasi statistik baterai terbaik yang dapat kamu gunakan. Tidak hanya menunjukkan kesehatan baterai ponsel cerdas, tetapi juga menyediakan data tentang keausan baterai, laju pengosongan saat ini, suhu baterai, dan banyak lagi. Namun, jika kamu menginginkan aplikasi sederhana dan minimal untuk memeriksa kesehatan baterai ponsel, disarankan mencoba aplikasi DevCheck.

Aplikasi ini memberikan gambaran umum yang komprehensif tentang semua perangkat keras perangkat kamu, termasuk info baterai, penggunaan CPU, statistik jaringan, pembacaan dari sensor perangkat kamu, dan banyak lagi.

Cara memeriksa kesehatan baterai pada smartphone Samsung Galaxy

Pahami kesehatan baterai dan cara memeriksanya di ponsel Android agar tetap tokcer foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Samsung menawarkan aplikasi Samsung Members yang memungkinkan pengguna terhubung dengan pengguna perangkat Galaxy lainnya, tetap terhubung dengan pengumuman terbaru dari Samsung, dan banyak lagi.

Satu hal yang perlu diperhatikan di sini adalah aplikasi ini juga menawarkan menu diagnostik yang dapat kamu gunakan untuk memeriksa kesehatan baterai perangkat Galaxy. Anggota Samsung sudah diinstal sebelumnya di sebagian besar ponsel cerdas Samsung Galaxy.

Namun, jika tidak memiliki aplikasi ini di perangkat, kamu dapat menginstalnya dari aplikasi Galaxy Store atau Google Play Store. Setelah menginstal aplikasi di perangkat, ikuti langkah-langkah berikut.

1. Buka aplikasi Anggota Samsung di ponsel kamu.

2. Pilih tab "Dukungan" dari bilah navigasi bawah.

3. Selanjutnya, pilih opsi "Diagnostik telepon".

4. Gulir ke bawah dan pilih "Status baterai."

5. Jika status menampilkan "Normal" atau "Baik", baterai ponsel cerdas Galaxy kamu dalam kondisi baik. Tetapi jika itu menunjukkan "Diperlukan Tindakan", inilah saatnya untuk mengunjungi bengkel terdekat untuk mengganti baterai.

Secara keseluruhan, mengawasi kesehatan baterai ponsel sangat penting untuk memastikan bahwa perangkat kamu terus bekerja dengan baik. Dengan tetap mendapat informasi tentang kesehatan baterai, kamu dapat mengambil langkah cepat untuk memastikan ponsel cerdas kamu berjalan dengan lancar.

(brl/red)