Mengenal APK, apakah aman untuk diunduh di smartphone Android? Begini penjelasannya

Mengenal APK, apakah aman untuk diunduh di smartphone Android? Begini penjelasannya

Techno.id - Sebagai pengguna Android, kamu mungkin pernah menjumpai aplikasi dengan embel-embel APK di belakangnya. Mungkin kamu bertanya-tanya apa sih APK itu dan apakah berbahaya jika diunduh?

Nah ketimbang bingung, dalam artikel ini Techno.id akan mencoba menjelaskan makhluk apa sih APK itu? APK adalah istilah yang sangat umum di dunia Android, dan ini merupakan bagian yang lebih penting dari sistem operasi Android.

APK yang meruakan kependekan dari Android Package Kit (Paket Aplikasi Android) adalah format file yang digunakan untuk aplikasi di perangkat Android. File APK adalah file ZIP khusus yang berisi semua data yang diperlukan untuk menginstal aplikasi di perangkat Android, termasuk kode, aset, dan sumber dayanya. Anggap saja seperti file EXE di Windows.

Hingga Agustus 2021, APK adalah format standar untuk menerbitkan dan mendistribusikan aplikasi Android di Google Play Store. Setelah itu, Google memperkenalkan format AAB (Android App Bundle), yang mendelegasikan proses pembuatan APK. Nah AAB sekarang menjadi format yang diperlukan bagi pengembang untuk mengunggah aplikasi mereka ke Play Store. Lalu, bagaimana APK masih berguna?

AABs tidak menggantikan APK. Faktanya, app bundle membuat APK khusus untuk perangkat kamu. APK juga memudahkan pemasangan aplikasi dari sumber selain Play Store. Mereka memungkinkan kamu mengunduh pembaruan yang belum dirilis di Play Store, menginstal aplikasi versi lama, dan menginstal aplikasi yang dihapus atau aplikasi yang belum disetujui untuk Play Store.

Apakah file APK legal dan aman untuk diunduh?

Mengenal APK, apakah aman untuk diunduh di smartphone Android? Begini penjelasannya foto: unsplash/denny muller

Developer harus mematuhi Kebijakan Program Developer Google Play dan Perjanjian Distribusi Developer untuk memublikasikan aplikasinya di Google Play Store. Selain itu, Google menggunakan Play Protect, yang melakukan pemeriksaan keamanan sebelum mengunduh aplikasi. Jadi, aplikasi yang diinstal dari Google Play Store umumnya aman.

Namun, saat kamu menginstal aplikasi secara manual menggunakan file APK, kamu melewati protokol keamanan dan mungkin tanpa sadar menginstal file berbahaya. Untuk mencegah potensi infeksi, selalu unduh file APK dari situs web pengembang resmi. Jika kamu memilih sumber lain, pastikan itu dapat dipercaya. Selain itu, kamu dapat menggunakan alat seperti VirusTotal untuk mengonfirmasi bahwa file tersebut aman sebelum mengunduhnya.

Mengunduh APK dianggap legal hanya jika bersumber dari situs resminya. Menggunakan situs web pihak ketiga, yang mungkin telah mengubah file APK untuk mengakses fitur premium, melanggar undang-undang hak cipta. Selain itu, mengunduh salinan aplikasi bajakan atau crack tanpa persetujuan pengembang sangat tidak etis.

(brl/red)