iPad tidak memiliki alat kesehatan baterai internal, begini cara untuk memeriksanya

iPad tidak memiliki alat kesehatan baterai internal, begini cara untuk memeriksanya

Techno.id - Memeriksa kesehatan baterai iPad Anda tidak semudah memeriksa kesehatan baterai Macbook atau iPhone dengan alat bawaan Apple. Seperti dilaporkan MacRumors, saat ini ada indikasi Apple sedang mengerjakan alat kesehatan baterai untuk iPad di iPadOS 17.5 beta. Namun belum jelas apakah fitur tersebut akan terbatas pada model iPad baru, atau apakah akan diluncurkanke iPad yang lebih lama juga.

Sekadar informasi, level baterai iPad hanya menunjukkan persentase daya baterai yang tersisa sebelum kamu perlu mengisi daya iPad. Setelah mencolokkan iPad ke sumber Listrik, level baterai akan terisi hingga 100%. Jika kamu menggunakan iPad saat dicolokkan, itu artinya kamu menggunakan daya dari stopkontak, bukan baterai. Kesehatan baterai memberi indikasi apakah baterai iPad bekerja dengan kapasitas penuh atau tidak lagi dapat terisi penuh. Nah untuk memeriksa kesehatan baterai iPad, saat ini ada beberapa solusi.

Opsi 1, gunakan aplikasi

iPad tidak memiliki alat kesehatan baterai internal, begini cara untuk memeriksanya foto: iMazing

iMazing dan CoconutBattery adalah dua pilihan aplikasi pihak ketiga untuk memeriksa kesehatan baterai iPad. Disarankan menggunakan aplikasi iMazing untuk mengukur kesehatan baterai iPad. CoconutBattery biasanya digunakan hanya untuk Mac.

Aplikasi iMazing menawarkan uji coba gratis jika kamu hanya ingin memeriksa kesehatan baterai iPad. Tetapi untuk penggunaan berkelanjutan, kamu harus membayar biaya berlangganan tahunan sebesar USD45 atau sekitar Rp713 ribu per tahun. Ini adalah biaya satu kali yang menawarkan kamu akses ke fitur aplikasi iMazing Battery Health hingga tiga perangkat. Apliksi ini berfungsi di macOS atau Windows, dan kamu memerlukan komputer untuk menggunakan aplikasi dengan iPad.

Berikut cara menggunakan aplikasi iMazing untuk mengukur kesehatan baterai iPad.

1. Unduh iMazing ke komputer Mac atau Windows.

2. Instal dan luncurkan aplikasi.

3. Klik Lanjutkan Uji Coba untuk mengaktifkan uji coba gratis.

4. Hubungkan iPad ke komputer dan berikan izin berbagi di kedua perangkat saat diminta. Klik Percayai di iPad kamu dan Izinkan di Mac.

5. Klik iPad di kolom sebelah kiri layar.

6. Klik ikon baterai di pojok kanan bawah layar.

7. Lihat ke bawah pada Daya Maksimum Efektif Baterai. Ini adalah kapasitas baterai maksimum iPad saat ini. Lihat Siklus Pengisian Daya Baterai untuk melihat berapa banyak siklus pengisian penuh yang telah dipenuhi baterai iPad kamu.

Kamu akan melihat persentase baterai di sudut atas, tetapi ini hanya indikasi pengisian daya baterai saat ini.

Opsi 2: gunakan iPad

iPad tidak memiliki alat kesehatan baterai internal, begini cara untuk memeriksanya foto: freepik/racool-studio

Jika kamu tidak ingin mengunduh aplikasi pihak ketiga, gunakan informasi yang tersedia di iPad untuk memeriksa kesehatan baterai. Namun, sebelum menyelami prosesnya, perlu diperhatikan bahwa ini sedikit melibatkan hitungan matematika. Jadi bacalah dengan cermat. Pertama, temukan file yang tepat untuk memeriksa kesehatan baterai iPad.

1. Ketuk ikon Pengaturan.

2. Ketuk Privasi & Keamanan.

3. Ketuk Analisis & Peningkatan.

4. Alihkan sakelar yang bertuliskan Bagikan Analisis iPad.

5. Buka Data Analitik. Perhatikan bahwa jika kamu awalnya memilih untuk tidak membagikan data kamu dengan Apple saat mengatur iPad, diperlukan waktu hingga dua hingga tiga hari agar data ini tersedia, jadi kamu mungkin perlu berhenti sejenak untuk melihat kesehatan baterai iPad sampai data kamu direkam dan disimpan.

6. Buka file di bagian atas layar dengan format Analystics-year-month-day-time. ips. ca. synced.

7. Cari file yang memiliki tanggal terbaru karena seharusnya ada banyak file dengan nama ini.

(brl/red)