3 Penyebab iPad tidak bisa mengisi daya saat dicharge, begini cara memperbaikinya

3 Penyebab iPad tidak bisa mengisi daya saat dicharge, begini cara memperbaikinya

Techno.id - Masalah pengisian daya gadget seringkali membuat pengguna frustrasi. Apalagi jika perangkat seperti iPad ketika sudah dicolokkan ke sumber listrik, bukan simbol petir yang tampak pada indikator baterai tetapi justru muncul notifikasi, Tidak Mengisi Daya.

Masalah pengisian daya pada iPad dapat terjadi setiap saat dan karena berbagai alasan. Salah satu faktor potensial adalah baterai yang rusak akibat penyalahgunaan atau keausan normal. Jika yakin baterai kamu masih dalam kondisi baik, ada beberapa metode yang dapat kamu coba untuk mengatasi masalah pengisian daya. Simak ulasannya yang dirangkum Techno.id dari berbagai sumber.

1. Masalah perangkat lunak atau suhu

3 Penyebab iPad tidak bisa mengisi daya saat dicharge, begini cara memperbaikinya foto: freepik/snowing

Terkadang, masalah pengisian daya pada iPad disebabkan suhu yang ekstrem. Bisa juga karena kesalahan perangkat lunak. Salah satu cara untuk mengatasi masalah pengisian daya adalah dengan memastikan iPad berada dalam kisaran pengoperasian yang aman antara 1 hingga 35 derajat Celcius.

Jika kamu melihat pemberitahuan Pengisian Daya Ditahan di perangkat, segera hentikan penggunaannya. Kunci layar dan isi daya di tempat lain, sebaiknya di ruangan dengan suhu lingkungan yang lebih nyaman.

Jika iPad tidak terlalu panas atau dingin saat disentuh dan tidak menampilkan pesan Pengisian Daya Ditahan, masalah pengisian daya mungkin disebabkan bug perangkat lunak. Kamu dapat mencoba memperbaikinya dengan dua cara, memulai ulang perangkat secara paksa atau mengatur ulang semua pengaturan. Berikut cara melakukan keduanya.

1. Mulai ulang paksa iPad yang lebih baru, tanpa tombol Beranda

Dengan iPad dalam posisi tegak di mana tombol daya berada di bagian atas, tekan tombol volume naik satu kali. Lalu lakukan hal yang sama untuk tombol volume turun. Kemudian tekan lama tombol daya hingga kamu melihat logo Apple.

2. Mulai ulang paksa iPad dengan tombol Utama

Tekan lama tombol Home dan daya secara bersamaan. Lalu lepaskan saat logo Apple muncul.

3. Setel ulang semua pengaturan iPad

Luncurkan aplikasi Pengaturan. Kemudian Navigasikan ke Umum > Transfer atau Setel Ulang iPad. Setelah itu tekan Reset di bagian bawah. Kemudian pilih Setel Ulang Semua Pengaturan. Lalu ketuk Setel Ulang untuk mengonfirmasi. Tunggu hingga iPad melakukan boot ulang. Menyetel ulang semua pengaturan tidak akan menghapus data kamu. Itu hanya mengembalikan pengaturan iPad ke default.

(brl/red)