Apple umumkan jadwal WWDC 2024, akankah fokus pada pengembangan AI? Tunggu saja

Apple umumkan jadwal WWDC 2024, akankah fokus pada pengembangan AI? Tunggu saja

Techno.id - Apple mengumumkan acara tahunan Worldwide Developers Conference (WWDC) 2024 akan digelar 10 hingga 14 Juni 2024 mendatang. Tentu saja acara ini sangat dinanti para tech anthusiast, terutama para Fanboy (penggemar produk Apple).

Maklum, dalam acara tahunan ke-35 ini Apple rencananya akan mengumumkan sejumlah inovasi termasuk produk anyar yang akan diluncurkan. Merujuk pada laman resmi WWDC 2024, Apple dikabarkan akan memamerkan iOS 18, iPadOS 18, tvOS 18, macOS 15, watchOS 11, dan visionOS 2. Dalam acara ini, selain pengembang, Apple juga akan mengundang 50 pemenang terkemuka dari Swift Student Challenge (2024).

Secara historis, WWDC Apple merupakan acara yang berfokus pada perangkat lunak dengan pengumuman perangkat keras yang mengejutkan sesekali. Misalnya, Apple mengumumkan beberapa produk di WWDC 2023, termasuk headset Vision Pro.

Sebagian besar keynote WWDC Apple berfokus pada iterasi utama berikutnya dari iOS, iPadOS, macOS, watchOS, dan tvOS. Dengan Vision Pro yang sekarang tersedia, banyak juga yang berharap iterasi visionOS berikutnya di acara ini.

Namun yang menarik memperhatikan unggahan Wakil Presiden Senior Pemasaran Apple, Greg Joswiak di akun X (Twitter)-nya di mana dia menuliskan kata-kata Benar-benar Luar Biasa. Apakah ini berarti AI (artificial intelligence) akan menjadi fokus utama pada acara ini?

Maklum belakangan ini Apple dikabarkan sedang serius akan memasukan AI pada sejumlah perangkat mereka. Bahkan, Apple juga sudah melakukan pendekatan kepada Google yang kabarnya akan menyematkan AI Google, Gemini pada sejumlah produk Apple sebelum perusahaan yang berbasis di Cupertino, California, Amerika Serikat tersebut menggunakan AI sendiri yakni Ajax.

Sebelumnya Apple dilaporkan sedang mengembangkan model AI generatifnya sendiri yang disebut Ajax. Dirancang untuk menyaingi Openai GPT-3 dan GPT-4, Ajax beroperasi pada 200 miliar parameter, menunjukkan tingkat kerumitan dan kemampuan yang tinggi dalam pemahaman dan pembuatan bahasa.

Secara internal dikenal sebagai "Apple GPT", Ajax bertujuan untuk menyatukan pengembangan pembelajaran mesin di seluruh Apple, menyarankan strategi yang lebih luas untuk mengintegrasikan AI lebih dalam ke dalam ekosistem Apple. Kita tunggu saja apa yang akan menjadi gebrakan Apple di ajang WWDC 2024.

(brl/red)