6 Tips membersihkan iPad atau tablet secara menyeluruh agar seperti baru dan performanya kencang

6 Tips membersihkan iPad atau tablet secara menyeluruh agar seperti baru dan performanya kencang

Techno.id - Membersihkan gadget secara menyeluruh seperti iPad akan membuat perangkat tersebut memiliki tampilan dan performa seperti baru lagi. Sebab, dengan melakukan pembersihan, kinerja iPad akan semakin cepat dan menyediakan ruang penyimpanan yang lebih lega.

Selain itu, membersihkan tablet dan aksesori secara fisik dapat memperpanjang masa pakai dan membuatnya lebih mudah dilihat melalui layar yang bersih, bebas noda, termasuk pada Magic Keyboard yang bebas kotoran. Membersihkan file yang tidak lagi kamu butuhkan akan membuat performa iPad akan semakin cepat.

Berikut cara membersihkan iPad secara menyeluruh mulai dari perangkat lunak hingga kondisi fisik untuk meningkatkan kinerja iPad atau tablet serta tampilan seperti baru lagi yang berhasil dirangkum Techno.id dari berbagai sumber.

1. Hapus aplikasi dari layar utama

6 Tips membersihkan iPad atau tablet secara menyeluruh agar seperti baru dan performanya kencang foto: freepik/rawpixel.com

Tempat termudah untuk mulai mengosongkan penyimpanan di iPad atau tablet adalah dengan menghapus aplikasi yang tidak digunakan. Berikut cara menghapus aplikasi dari layar beranda.

1. Ketuk dan tahan aplikasi hingga menu kecil muncul.

2. Pilih Hapus aplikasi untuk menghapus aplikasi satu per satu.

3. Pilih Edit layar beranda jika kamu ingin menghapus beberapa aplikasi secara bersamaan. Ini akan membuat semua aplikasi mulai bergoyang.

4. Ketuk ikon "-" pada aplikasi apa pun yang tidak kamu inginkan, lalu konfirmasikan bahwa kamu ingin menghapus aplikasi tersebut, bukan hanya menghapusnya dari layar beranda dalam pop-up apa pun.

5. Geser ke kanan setelah kamu menghapus semua aplikasi yang tidak diinginkan di layar tertentu untuk melanjutkan menghapus aplikasi di halaman berikutnya di layar beranda.

6. Ketuk Selesai saat kamu selesai menghapusnya.

2. Hapus aplikasi besar

6 Tips membersihkan iPad atau tablet secara menyeluruh agar seperti baru dan performanya kencang foto: freepik/frolopiaton-palm

Kamu mungkin terkejut dengan banyaknya penyimpanan yang dapat digunakan oleh satu aplikasi, terutama game dengan grafik HD. Sebaiknya kamu audit semua aplikasi yang diunduh di iPad dan menghapus semua aplikasi yang belum pernah digunakan, terutama yang berkapasitas besar.

Salah satu tips jika kamu tidak yakin seberapa sering menggunakan aplikasi atau berapa banyak penyimpanan internal yang digunakan aplikasi iPad, adalah dengan benar-benar melihat penyimpanan yang digunakan dan tidak digunakan di iPad atau tablet. Begini cara melihat penyimpanan yang tersedia dan aplikasi mana yang paling banyak menggunakan penyimpanan.

1. Ketuk ikon Pengaturan.

2. Lalu ketuk Umum.

3. Arahkan ke Penyimpanan iPad. Kamu akan melihat sisa penyimpanan internal yang tersedia dan berapa banyak penyimpanan yang telah kamu gunakan.

4. Tunggu hingga semua aplikasi dimuat ke dalam daftar di bawah penyimpanan. Setiap aplikasi akan menampilkan jumlah penyimpanan internal yang digunakannya dalam urutan menurun dari yang terbesar ke yang terkecil, serta terakhir kali kamu menggunakan aplikasi tersebut.

5. Pilih salah satu aplikasi yang tampak sangat besar.

6. Saat mengetuk daftar aplikasi, kamu akan melihat berbagai opsi seperti Dokumen dan Data, Melepas aplikasi, atau Menghapus aplikasi. Untuk aplikasi yang sudah lama tidak digunakan, kamu dapat melepas atau menghapusnya.

Hapus aplikasi dari layar beranda dan semua data, sehingga kamu akan mengosongkan seluruh penyimpanan yang digunakan aplikasi. Selain itu aplikasi tertentu juga memungkinkan kamu menghapus dokumen dan data, tetapi tetap menyimpan aplikasi tersebut di layar beranda.

Setelah kamu menentukan pilihan untuk aplikasi, tekan panah kembali untuk kembali ke daftar penyimpanan iPad. Lanjutkan meninjau semua aplikasi hingga kamu menghapus aplikasi yang tidak sering digunakan atau menghabiskan banyak penyimpanan.

3. Kosongkan data cache

6 Tips membersihkan iPad atau tablet secara menyeluruh agar seperti baru dan performanya kencang foto: freepik/rawpixel.com

Cara lain yang baik untuk mengosongkan beberapa penyimpanan berlebih adalah dengan menghapus data cache. Sebagian besar data yang di-cache berasal dari informasi yang disimpan saat kamu mengunjungi situs web untuk pertama kalinya.

Menghapus data ini akan mengosongkan sebagian penyimpanan dalam jangka pendek, tetapi akan pulih segera setelah kamu menggunakan aplikasi atau situs web untuk pertama kalinya lagi.

Disarankan untuk melakukan opsi ini secara berkala karena ini adalah cara yang baik untuk meningkatkan privasi informasi pribadi kamu. Untuk menghapus cache Safari atau Chrome, ikuti langkah-langkah berikut.

1. Ketuk ikon Pengaturan.

2. Lalu ketuk Umum.

3. Arahkan ke Penyimpanan iPad.

4. Gulir ke bawah ke Safari dan pilih aplikasi.

5. Pilih Data Situs Web.

6. Di bagian bawah layar, ketuk Hapus Semua Data yang Disimpan.

7. Kamu dapat mengikuti langkah yang sama untuk Chrome.

(brl/red)