Ini 5 Tips mengurangi serangan migrain akibat terlalu lama menggunakan ponsel

Ini 5 Tips mengurangi serangan migrain akibat terlalu lama menggunakan ponsel

Techno.id - Kamu sering mengalami migrain? Sangat mungkin lho penggunaan ponsel menjadi salah satu penyebabnya. Bagi sebagian orang, terkena serangan migrain sangat menyakitkan sampai-sampai mereka tidak bisa melakukan apapun selain rebahan hingga serangannya berlalu.

Beberapa faktor dapat memicu atau memperburuk serangan migrain. Salah satunya penggunaan ponsel dalam waktu yang lama. Lantas, bagaimana ponsel dapat menyebabkan migrain?

Beberapa penelitian telah menemukan hubungan antara penggunaan ponsel atau paparan waktu yang lama di depan layar secara umum dengan migrain. Beberapa teori dalam sejumlah penelitian yang dirangkum Techno.id dari berbagai sumber menyebutkan, cahaya biru yang dipancarkan layar ponsel dapat mengganggu tidur pengguna. Hal ini menjadi salah satu pemicu migrain secara umum.

Selain itu penggunaan ponsel dalam waktu lama dapat menyebabkan ketegangan mata, yang juga merupakan pemicu migrain. Bahkan penggunaan ponsel dalam waktu lama juga dapat membuat pengguna melakukan text neck, menundukkan kepala ke bawah untuk melihat layar ponsel cerdas juga merupakan pemicu migrain yang paling umum terjadi.

Karena itu jika kamu mengalami migrain setelah menggunakan ponsel dalam waktu yang lama, mungkin sudah saatnya kamu melakukan perubahan. Berikut 5 perubahan yang dapat kamu lakukan untuk mengurangi risiko migrain.

1. Sesuaikan kecerahan layar

Ini 5 Tips mengurangi serangan migrain akibat terlalu lama menggunakan ponsel foto:freepik/pressfoto

Cahaya ponsel cerdas dan lingkungan sekitar dapat menyebabkan ketegangan mata. Untuk menghindari ketegangan mata akibat layar, kamu sebaiknya menyeimbangkan kecerahan layar dengan lingkungan sekitar. Misalnya, jika kamu berada di ruangan gelap, turunkan kecerahan ponsel.

Biasakan untuk menyesuaikan kecerahan ponsel sepanjang hari untuk mendapatkan pengalaman menonton yang paling nyaman dan memastikan bahwa mata kamu tidak terlalu lelah.

2. Aktifkan filter cahaya biru

Ini 5 Tips mengurangi serangan migrain akibat terlalu lama menggunakan ponsel foto: freepik/alidrian

Ada kebiasaan yang sering dilakukan pengguna sebelum tidur adalah dengan menggunakan ponsel di tempat tidur sambal rebahan. Paparan cahaya biru yang dipancarkan layar dapat mengganggu tidur. Hal ini bisa menjadi faktor yang berkontribusi signifikan terhadap migrain.

Menghentikan kebiasaan menggunakan ponsel sebelum tidur memang terkadang sulit dilakukan. Tapi kamu bisa meminimalkan dampak cahaya biru layer ponsel melalui menu pengaturan.

Saat ini banyak ponsel yang dilengkapi menu filter cahaya biru yang bisa kamu aktifkan untuk membantu mengurangi emisi cahaya biru dari ponsel. Sebagai contoh, jika kamu menggunakan iPhone, dapat memanfaatkan Night Shift untuk mengurangi cahaya biru. Begini cara mengaktifkan Night Shift di iPhone.

1. Buka Pengaturan

2. Pilih Tampilan & Kecerahan

3. Pilih Night Shift

4. Kamu dapat memilih kapan Night Shift mulai dan berhenti dan juga menyesuaikan suhu warna.

Ini 5 Tips mengurangi serangan migrain akibat terlalu lama menggunakan ponsel foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Jika kamu menggunakan ponsel Android, ada juga filter cahaya biru built-in yang bisa kamu aktifkan dalam pengaturan tampilan, meskipun namanya mungkin berbeda, tergantung perangkata. Sebagai contoh, Samsung menyebutnya Eye Comfort Shield.

1. Buka Pengaturan

2. Piliha Tampilan

3. Aktifkan Perisai kenyamanan mata

Sebagai alternatif, kamu bisa membeli kacamata penghalang cahaya biru, yang bisa membantu menyaring cahaya biru dari layar apa pun.

(brl/red)