Cara memeriksa kesehatan baterai pada perangkat Samsung

Cara memeriksa kesehatan baterai pada perangkat Samsung

Techno.id - Daya tahan baterai menjadi salah satu hal yang sangat penting agar ponsel tetap bisa digunakan. Namun seiring pemakaian, baterai ponsel akan mengalami penurunan kemampuannya untuk menyimpan daya listrik.

Nah jika kamu pengguna ponsel Samsung, maka dapat menggunakan menu bawaan untuk memeriksa kesehatan baterai. Untuk melakukannya, kamu tinggal instal aplikasi Samsung Members dari Google Play atau Galaxy Store jika kamu belum memilikinya.

Masa pakai adalah kesehatan baterai secara umum, dan Kapasitas adalah jumlah daya yang dapat disimpan oleh baterai. Berikut cara memeriksa Kesehatan baterai di ponsel Samsung.

Cara memeriksa kesehatan baterai pada perangkat Samsung foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

1. Buka aplikasi Samsung Members, ketuk Dapatkan Bantuan di bagian bawah.

2. Pilih Buka Perawatan ponsel.

3. Pilih Pemeriksaan interaktif yang diikuti dengan Baterai.

4. Kamu akan melihat Daya baterai, yang merupakan tingkat pengisian daya saat ini.

5. Kamu juga bisa mengklik Diagnostik lalu pada layar berikutnya pilih Status Baterai

6. Jika kamu tidak melihat indikator 'Baik' di samping daya tahan, mungkin sudah waktunya untuk mempertimbangkan penggantian baterai.

Meninjau kesehatan baterai Android melalui kode dialer

Selain itu Android juga memiliki beberapa kode tersembunyi yang bisa kamu masukkan ke aplikasi Telepon untuk mengakses menu pengujian. Salah satunya menampilkan berbagai info tentang perangkat, termasuk kesehatan baterainya. Untuk melihatnya, buka dialer dan ketik *#*#4636#*#*.

Kamu bisa mengamati tanda-tanda baterai yang sudah habis. Jika ponsel cepat habis saat tidak digunakan, atau secara konsisten tidak dapat bertahan sepanjang hari, maka baterainya mungkin sudah aus.

(brl/red)