Cara mengambil foto bulan purnama dengan ponsel Android

Cara mengambil foto bulan purnama dengan ponsel Android

Techno.id - Setiap kali bulan purnama muncul, banyak orang yang ingin keluar rumah dan mengambil beberapa foto. Buat para fotografer atau kamu yang memiliki kamera profesional, hal itu mungkin bukan masalah.

Tinggal ambil gear yang kamu punya lalu berkreasi untuk membuat foto yang menarik. Tapi bagaimana dengan mereka yang hanya bermodalkan kamera ponsel Android?

Jangan bersedih. Ingat istilah the man behind the gun? Unsur manusia itu jauh lebih penting dibanding perangkat yang ia miliki. Meski memiliki gear atau perangkat yang bagus, belum tentu bisa menghasilkan karya yang menarik.

Cara mengambil foto bulan purnama dengan ponsel Android foto: unsplash/leandra rieger

Namun sebaliknya, dengan perangkat yang ada, kamu bisa memaksimalkan kreasi dan imajinasi kamu untuk membuat karya yang epic.

Ponsel memang bukan perangkat terbaik untuk mendapatkan foto bulan yang bagus, namun kamu bisa memaksimalkannya. Ditambah lagi, kamu harus memanfaatkan momen dan kondisi yang tepat.

Apalagi, saat ini sejumlah ponsel anyar sudah dibekali kamera yang cukup mumpuni. Ada banyak faktor yang dapat menghasilkan foto bagus, meskipun kamera mungkin menjadi hal penting, namun bukan yang utama.

Berikut cara mendapatkan gambar bulan purnama yang menarik menggunakan ponsel Android

Cara mengambil foto bulan purnama dengan ponsel Android foto: unsplash/zoe

1. Untuk mendapatkan gambar bulan yang stabil, kamu harus memasang ponsel di atas tripod. Hal ini untuk memastikan gambar tidak goyang dan buram saat kamu mengambil foto.

2. Kamu bisa menggunakan aplikasi kamera bawaan ponsel yang ada di perangkat Android, tetapi beberapa aplikasi mungkin bisa menawarkan kinerja yang lebih baik.

3. Gunakan mode pro untuk mengatur beberapa fitur seperti kecepatan rana dan ISO yang bisa sangat berguna untuk mendapatkan gambar yang bagus.

4. Yang perlu kamu pastikan adalah mematikan lampu kilat, mengatur pencahayaan selama mungkin, menurunkan ISO hingga sekitar 100, dan kecepatan rana antara tiga hingga 10 detik.

5. Pastikan lensa kamera bersih sebelum mengambil gambar sehingga tidak terdapat noda apa pun pada hasil foto.

6. Pastikan juga baterai ponsel terisi penuh jika kamu mengambil gambar jauh dari rumah.

Cara mengambil foto bulan purnama dengan ponsel Android foto: unsplash/kym mackinnon

7. Pilih tempat terbuka seperti lapangan agar tidak ada halangan saat pengambilan gambar.

8. Jika kesulitan mencari tempat terbuka, kamu juga bisa gunakan apa yang ada di lingkungan sekitar sebagai bagian dari komposisi foto. Misalnya, foto bulan purnama berada di antar gedung-gedung tinggi atau pepohonan.

9. Mengambil foto di luar kota akan sangat membantu karena kamu tidak akan mendapatkan gangguan cahaya lampu.

(brl/red)