Cara membersihkan port pengisian daya, gunakan alat sederhana di rumah

Cara membersihkan port pengisian daya, gunakan alat sederhana di rumah

Techno.id - Port pengisian daya ponsel dan gadget lainnya sering kali kotor. Kebanyakan orang mengabaikannya. Padahal, port yang kotor dapat menyebabkan banyak masalah. Salah satunya, perangkat akan sulit untuk diisi daya.

Sebenarnya untuk membersihkan port pengisian daya tidak terlalu sulit. Hanya dibutuhkan kehati-hatian saat melakukannya. Sebab, port pengisian daya memiliki pin kecil di dalamnya yang terhubung ke pengisi daya. Jika tidak dilakukan dengan hati-hati bisa merusak salah satu pin saat membersihkannya. Karena itu bersihkan kotoran secara perlahan.

Cara membersihkan port pengisian daya, gunakan alat sederhana di rumah foto: freepik/nensuria

Namun sebelum kamu melakukannya, sebaiknya ketahui terlebih dahulu penyebab port gadget kamu kotor. Ada beberapa faktor yang menyebabkan port pengisian daya menjadi kotor.

Serat kain menjadi salah satu kotoran yang kerap menempel pada port pengisian daya. Hal ini terjadi karena pengguna sering menempatkan ponsel di dalam saku.

Selain itu kotoran pada port juga bisa berupa sel kulit mati dari pengguna. Sel-sel kulit mati dan partikel-partikel kotoran kecil secara perlahan-lahan bisa tersimpan di dalam port pengisian daya.

(brl/red)