Ingin tahu mengapa baterai smartphone kamu cepat habis? Ini penyebab dan 6 cara mengatasinya

Ingin tahu mengapa baterai smartphone kamu cepat habis? Ini penyebab dan 6 cara mengatasinya

Baterai cepat habis

4. Periksa semua koneksi nirkabel

Ingin tahu mengapa baterai smartphone kamu cepat habis?Ini penyebab dan 6 cara mengatasinya foto: freepik/creativeart

Meskipun menjaga smartphone tetap terhubung ke WiFi, perangkat Bluetooth, dan data selular sepanjang waktu mungkin terlihat sebagai ide yang bagus, namun sebenarnya tidak. Ketika smartphone terhubung ke beberapa jaringan nirkabel, baterai perlu melakukan banyak pekerjaan. Hal itu dapat mengakibatkan baterai smartphone cepat habis.

Jadi, saat kamu berada di rumah, nonaktifkan data jaringan selular dan biarkan ponsel terhubung ke WiFi saja. Ketika kamu keluar, matikan pengaturan WiFi jika tidak terhubung ke jaringan. Selain itu, periksa pengaturan Bluetooth dan lihat apakah kamu terhubung ke perangkat apa pun yang tidak diperlukan.

5. Periksa semua aplikasi pelacakan lokasi

Ingin tahu mengapa baterai smartphone kamu cepat habis?Ini penyebab dan 6 cara mengatasinya foto: freepik/peachfreepik

Banyak aplikasi yang telah diinstal di ponsel dapat melacak lokasi. Beberapa contohnya adalah Google Maps, Facebook, dan Instagram. Meskipun kamu berpikir bahwa aplikasi-aplikasi tersebut hanya melacak lokasi ketika kamu menggunakannya, faktanya tidak selalu demikian. Beberapa aplikasi secara konstan memantau lokasi kamu dan membuat baterai ponsel cepat habis.

Jadi, apa yang bisa kamu lakukan terhadap aplikasi pelacak lokasi yang membuat baterai smartphone cepat habis? Matikan pengaturan lokasi saat kamu tidak menggunakan aplikasi-aplikasi tersebut. Hal ini akan mencegah aplikasi pelacakan lokasi menguras sumber daya smartphone saat kamu tidak menggunakannya.

6. Ganti baterai jika sudah terlalu tua

Ingin tahu mengapa baterai smartphone kamu cepat habis?Ini penyebab dan 6 cara mengatasinya foto: unsplash/frankie

Dalam beberapa kasus, bukan aplikasi atau pengaturan ponsel yang membuat baterai smartphone cepat habis. Tetapi karena baterai sudah cukup tua. Tergantung pada model ponsel kamu. Umumnya kamu harus mengganti baterai setelah dua atau tiga tahun.

Setelah periode ini, baterai smartphone cenderung tidak dapat mengisi daya dengan baik. Beberapa smartphone akan memberi tahu kamu jika kesehatannya sudah terlalu menurun dan menyarankan kamu untuk menggantinya. Namun, meskipun smartphone kamu tidak memberikan pemberitahuan seperti itu, kamu harus mengganti baterai jika daya baterai cepat habis, dan smartphone setidaknya berusia dua tahun.

(brl/red)