Ini alasan mengapa kamu tidak boleh menggunakan smartphone saat sedang di-charge

Ini alasan mengapa kamu tidak boleh menggunakan smartphone saat sedang di-charge

Techno.id - Smartphone memiliki beberapa bagian dengan tingkat kepentingan yang berbeda, tergantung pada penggunanya. Baterai adalah komponen yang paling penting. Akan sangat membuat frustasi jika baterai ponsel benar-benar habis hanya dalam waktu beberapa jam saja.

Ada satu kebiasaan yang sering dilakukan pengguna dan tanpa disadari akan cepat merusak baterai. Saran agar jangan menggunakan smartphone yang sedang diisi daya seringkali muncul dalam sejumlah artikel yang membahas mengenai daya tahan baterai. Bisa dimaklumi, sebab menggunakan smartphone saat mengisi daya sangat meningkatkan potensi risiko dan kerusakan baterai.

Ini alasan mengapa kamu tidak boleh menggunakan smartphone saat sedang di-charge foto: freepik/pvproductions

Hal ini sebenarnya sudah menjadi "pengetahuan umum" tetapi sayangnya, banyak orang yang tidak mengindahkannya. Lantas mengapa kamu tidak disarankan untuk menggunakan smartphone saat sedang diisi daya?

Penjelasannya, ketika kamu bermain dan mengisi daya ponsel pada saat yang sama, sangat mudah bagi perangkat untuk menjadi panas. Selain itu, hal ini juga akan memperlambat kecepatan pengisian daya ponsel. Akibatnya, perangkat akan membutuhkan waktu lebih lama untuk mengisi daya yang akan menghabiskan baterai.

Peringatan tentang baterai ponsel

Ini alasan mengapa kamu tidak boleh menggunakan smartphone saat sedang di-charge foto: freepik/rawpixel.com

Banyak produsen smartphone telah memperingatkan bahwa meskipun baterai dan pengisi daya ponsel modern relatif aman, namun menggunakan ponsel secara berlebihan saat mengisi daya akan memperpendek masa pakai baterai. Suhu ponsel juga akan meningkat saat sedang diisi daya.

Penggunaan ponsel secara terus menerus dalam jangka panjang akan mengakibatkan panas yang berlebihan pada perangkat, pengalaman pengguna yang menurun, dan potensi kerusakan pada komponen elektronik perangkat.

Karena itu, disarankan untuk menjauhkan ponsel saat mengisi daya agar ponsel dapat melakukan pengisian daya dengan tenang. Jika harus menggunakan ponsel, kamu dapat membatasi berapa lama waktu yang dihabiskan untuk menggunakannya dan mencegah penggunaan yang berlebihan.

Ini alasan mengapa kamu tidak boleh menggunakan smartphone saat sedang di-charge foto: freepik/aghavni001

Untuk memastikan keamanan pengisian daya ponsel, kamu juga harus memilih pengisi daya dari merek yang dikenal dan menahan diri untuk tidak menggunakan pengisi daya yang murah.

Selain itu, perlu dicatat bahwa tidak aman untuk melakukan panggilan saat ponsel sedang diisi dayanya. Ini adalah "pengetahuan umum" lain yang juga banyak tidak dipatuhi pengguna. Sebab, ini sangat berbahaya.

Saat mengisi daya, tegangan ponsel lebih tinggi daripada saat dalam kondisi siaga. Selain itu, tugas-tugas lain sedang berjalan yang dapat mengakibatkan suhu tinggi pada perangkat. Hasil dari hal ini dapat berupa ledakan. Berhati-hatilah, dan tetaplah aman.

(brl/red)