7 Penyebab daya baterai ponsel kamu sangat boros, nomor 3 paling sering dilakukan

7 Penyebab daya baterai ponsel kamu sangat boros, nomor 3 paling sering dilakukan

Techno.id - Masa pakai baterai ponsel adalah salah satu faktor terpenting dalam menentukan berapa lama kamu dapat menggunakan ponsel sebelum perlu diisi dayanya. Jika masa pakai baterai buruk, kamu akan terus-menerus mengisi daya ponsel, yang tentu saja dapat merepotkan dan membuat frustrasi.

Ada sejumlah faktor yang dapat menyebabkan masa pakai baterai yang buruk pada ponsel. Dalam artikel ini Techno.id akan membahas beberapa penyebab paling umum dari baterai cepat habis, serta beberapa cara memperbaikinya.

1. Menggunakan ponsel dalam mode kecerahan tinggi

Semakin terang layar, semakin banyak daya yang digunakannya. Jika ternyata masa pakai baterai buruk, coba kurangi kecerahan layar.

2. Menjalankan terlalu banyak aplikasi di latar belakang

Meskipun kamu tidak menggunakan aplikasi secara aktif, aplikasi tersebut tetap dapat berjalan di latar belakang dan menggunakan daya baterai. Untuk mengosongkan baterai, tutup semua aplikasi yang tidak kamu gunakan dan hapus beberapa aplikasi yang tidak digunakan secara terbuka.

3. Terlalu sering menggunakan ponsel

Jika kamu lebih sering menggunakan ponsel, atau untuk tugas yang lebih berat, seperti bermain game atau streaming video, hal ini akan membebani baterai dan membuatnya lebih cepat habis.

7 Penyebab daya baterai ponsel kamu sangat boros, nomor 3 paling sering dilakukan foto: freepik/rawpixel.com

4. Menggunakan layanan lokasi sepanjang waktu

Layanan lokasi dapat menguras baterai dengan cepat, terutama jika kamu menggunakannya di area dengan penerimaan yang buruk. Jika kamu tidak perlu menggunakan layanan lokasi sepanjang waktu, matikan.

5. Menyalakan Wi-Fi atau Bluetooth sepanjang waktu

Selalu menyalakan Wi-Fi dan Bluetooth juga menghabiskan daya baterai. Sebab kedua fitur ini akan terus mencari sinyal terbaik agar ponsel tetap terhubung dan itu akan menguras daya baterai.

6. Kapasitas baterai yang kecil

Kapasitas baterai yang kecil tidak dapat memberikan masa pakai baterai yang tahan lama.

7. Memperbarui perangkat lunak ponsel

Pembaruan perangkat lunak sering kali menyertakan fitur pengoptimalan baterai yang dapat membantu meningkatkan masa pakai baterai. Pastikan kamu menjalankan perangkat lunak ponsel versi terbaru.

(brl/red)