10 Tips dan trik merawat baterai smartphone, nomor 4 paling sering diabaikan

10 Tips dan trik merawat baterai smartphone, nomor 4 paling sering diabaikan

Techno.id - Smartphone telah menjadi bagian penting dalam hidup Sebagian besar orang. Mereka menggunakannya untuk berbagai hal, mulai dari tetap terhubung dengan teman dan keluarga hingga bekerja dan bermain game.

Namun, semua penggunaan tersebut dapat menguras baterai smartphone yang dapat dengan cepat habis jika tidak dirawat dengan baik. Berikut ini adalah beberapa tips dan trik untuk membantu kamu merawat baterai ponsel dan memperpanjang masa pakainya.

1. Hindari suhu yang ekstrem

10 Tips dan trik merawat baterai smartphone, nomor 4 paling sering diabaikan foto: freepik/user19739995

Suhu yang ekstrem dapat merusak baterai smartphone dan mengurangi masa pakainya. Hindari meninggalkan ponsel di bawah sinar matahari langsung atau di dalam mobil yang panas. Selain itu, hindari menggunakan ponsel dalam cuaca dingin dalam waktu yang lama.

2. Menjaga baterai smartphone tetap terisi antara 40% dan 80%

10 Tips dan trik merawat baterai smartphone, nomor 4 paling sering diabaikan foto: freepik/user16766420

Membiarkan baterai smartphone benar-benar habis atau mengisi daya hingga 100% secara teratur dapat merusak baterai. Sebaiknya jaga baterai smartphone tetap terisi antara 40% dan 80% hampir sepanjang waktu.

3. Gunakan pengisi daya resmi bawaan smartphone

10 Tips dan trik merawat baterai smartphone, nomor 4 paling sering diabaikan foto: freepik/nirat pix

Menggunakan pengisi daya pihak ketiga dapat merusak baterai smartphone. Sebaiknya gunakan pengisi daya resmi yang disertakan dengan smartphone atau pengisi daya yang telah disertifikasi produsen.

4. Hindari menggunakan ponsel saat sedang diisi daya

10 Tips dan trik merawat baterai smartphone, nomor 4 paling sering diabaikan foto: freepik/pvproductions

Menggunakan smartphone saat sedang diisi daya dapat menambah beban pada baterai dan memperpendek masa pakainya. Sebaiknya biarkan smartphone terisi penuh sebelum menggunakannya kembali.

5. Matikan fitur yang tidak perlu

10 Tips dan trik merawat baterai smartphone, nomor 4 paling sering diabaikan foto: freepik/creativeart

Beberapa fitur, seperti Bluetooth, Wi-Fi, dan GPS, dapat menguras baterai smartphone dengan cepat. Matikan fitur-fitur tersebut saat kamu tidak menggunakannya untuk menghemat daya baterai.

(brl/red)