Cara melindungi baterai smartphone agar lebih awet, hindari 3 kebiasaan ini

Cara melindungi baterai smartphone agar lebih awet, hindari 3 kebiasaan ini

Techno.id - Sebagai pengguna smartphone, kamu mungkin menganggap kebiasaan saat mengisi daya perangkat tampaknya mudah dan tidak berbahaya. Tetapi faktanya, justru kebiasaan tersebutbisa berdampak negatif pada usia dan kinerja baterai.

Perawatan baterai yang tepat sangat penting untuk memastikan smartphone kamu dapat bertahan selama mungkin, dan menghindari potensi masalah di kemudian hari.

Perlu diingat, baterai adalah salah satu komponen smartphone yang paling penting dan harus diperlakukan dengan hati-hati. Dalam artikel ini, Techno.id akan membahas tiga kebiasaan yang tidak disarankan saat mengisi daya ponsel cerdas. Dengan mengubah kebiasaan ini, kamu dapat meningkatkan kecepatan pengisian daya, memperpanjang masa pakai baterai, dan melindungi smartphone kamu dari potensi kerusakan.

1. Mengisi daya smartphone dengan casing terpasang

Cara melindungi baterai smartphone agar lebih awet, hindari 3 kebiasaan ini foto: freepik/vadish

Salah satu kebiasaan yang paling umum di antara pengguna smartphone adalah mengisi daya ponsel mereka dengan casing yang masih terpasang. Ini sangat tidak disarankan, karena dapat menyebabkan dua masalah utama, baterai menjadi terlalu panas dan kerusakan konektor.

Konektor pengisian daya bisa putus karena casing yang dirancang dengan buruk. Casing mungkin memiliki bukaan yang buruk untuk kabel, sehingga tidak pas. Seiring waktu, hal ini dapat menyebabkan konektor putus.

Selain itu, dalam beberapa kasus, perangkat mungkin terlalu panas saat mengisi daya. Hal ini dapat memperlambat kecepatan pengisian daya dan mengurangi masa pakai baterai. Untuk menghindari masalah ini, disarankan untuk melepas casing saat mengisi daya smartphone.

2. Menggunakan pengisi daya cepat setiap hari

Cara melindungi baterai smartphone agar lebih awet, hindari 3 kebiasaan ini foto: freepik/vitalii petrushenko

Jika smartphone kamu dilengkapi dengan pengisi daya 40W atau lebih cepat, penting untuk tidak menggunakannya setiap hari. Kebiasaan ini dapat menurunkan kualitas baterai secara signifikan hanya dalam satu tahun pertama penggunaan.

Untuk menghindari hal ini, kamu dapat memiliki pengisi daya sekunder lebih lambat yang kamu gunakan untuk mengisi ulang daya semalaman. Kamu kemudian dapat menggunakan pengisi daya cepat hanya ketika membutuhkan pengisian daya yang cepat.

Hal ini mungkin terlihat tidak intuitif, tetapi menggunakan pengisi daya yang sangat cepat setiap hari dapat membebani baterai dan menyebabkan baterai lebih cepat rusak.

3. Menguras daya baterai di bawah 5%

Cara melindungi baterai smartphone agar lebih awet, hindari 3 kebiasaan ini foto: freepik/e tisomboon

Kebiasaan lain yang dapat merusak baterai smartphone adalah menguras baterai hingga di bawah 5% sebelum mengisi daya. Kebiasaan ini adalah yang terburuk dari semuanya. Karena hal ini memberikan banyak tekanan pada baterai ketika sel turun dari 10-15%.

Jika kamu mengulangi kebiasaan ini setiap hari, penurunan daya baterai akan jauh lebih tinggi dari biasanya. Untuk menghindari hal ini, sebaiknya isi daya ponsel saat baterai berada pada 15-20% dan tidak lebih rendah. Meskipun tidak apa-apa untuk melakukan hal ini sesekali, mengulangi kebiasaan ini setiap hari sangat tidak disarankan.

Kesimpulannya, merawat baterai smartphone adalah penting untuk memastikan baterai tersebut dapat bertahan selama mungkin dan terus bekerja secara efisien. Dengan menghindari tiga kebiasaan yang dibahas dalam artikel ini, kamu dapat meningkatkan pengisian daya smartphone, memperpanjang masa pakai baterai, dan mencegah masalah di masa depan.

(brl/red)