Ingin tahu mengapa baterai smartphone kamu cepat habis? Ini penyebab dan 6 cara mengatasinya

Ingin tahu mengapa baterai smartphone kamu cepat habis? Ini penyebab dan 6 cara mengatasinya

Techno.id - Ketika baterai smartphone tiba-tiba menurun drastis padahal kamu berada di luar rumah dan sedang mengerjakan tugas, pasti bikin jengkel. Meskipun kamu membawa power bank untuk menawarkan bantuan sementara, namun kamu harus mengidentifikasi penyebab utama retensi baterai yang buruk. Jadi, mengapa baterai smartphone kamu cepat habis?

Ada beberapa alasan mengapa baterai smartphone kamu cepat habis. Di antaranya, kamu perlu memeriksa kecerahan layar, semua aplikasi yang berjalan di latar belakang, koneksi nirkabel, aplikasi pelacakan lokasi, dan kondisi baterai. Berikut tips untuk mengatasi baterai smartphone yang tiba-tiba menurun drastis.

1. Turunkan kecerahan layar

Ingin tahu mengapa baterai smartphone kamu cepat habis?Ini penyebab dan 6 cara mengatasinya foto: freepik/rawpixel.com

Kecerahan layar yang tinggi adalah alasan paling jelas mengapa baterai smartphone cepat habis. Meskipun terlihat mudah untuk melihat teks di layar dengan kecerahan yang dinaikkan, kecerahan yang tinggi sangat membebani baterai.

Untuk memperbaikinya, kamu hanya perlu masuk ke pengaturan kecerahan smartphone dan dan menurunkan penggeser. Layar yang diredupkan hanya lebih baik ketika kamu berada di lingkungan yang gelap tanpa cahaya sekitar.

Layar yang redup akan sangat menyulitkan untuk melihat teks dan gambar dengan jelas jika kamu memiliki gangguan penglihatan. Jadi, apakah itu berarti harus selalu mengubah kecerahan ponsel secara manual agar baterai tidak cepat habis?

Tidak juga! Tetap aktifkan pengaturan penyesuaian kecerahan otomatis. Fitur ini memeriksa intensitas pencahayaan di sekitar melalui sensor jarak dan secara otomatis mengatur kecerahan smartphone.

2. Gunakan mode gelap

Ingin tahu mengapa baterai smartphone kamu cepat habis?Ini penyebab dan 6 cara mengatasinya foto: freepik

Sebagian besar smartphone saat ini memiliki layar OLED. Selain membuat gambar terlihat lebih hidup dan berwarna, layar OLED memiliki satu keunggulan besar dibanding layar IPS dan jenis layar lainnya. Panel ini tidak menyala ketika layar menampilkan gambar hitam.

Karena itu, warna hitam pada panel OLED tampak sangat gelap. Jadi, apa hubungannya dengan menjaga baterai smartphone agar tidak cepat habis? Jika piksel tidak menyala, panel tidak mengonsumsi daya untuk menampilkan warna hitam pada layar. Hal ini pada akhirnya membuat layar OLED menjadi sangat hemat daya dalam mode gelap.

Jadi, jika kamu memiliki ponsel dengan layar OLED dan melihat baterai ponsel cepat habis, kamu harus mengaktifkan mode gelap di pengaturan tampilan smartphone.

3. Tutup aplikasi latar belakang yang tidak perlu untuk menghentikan pengurasan baterai

Ingin tahu mengapa baterai smartphone kamu cepat habis?Ini penyebab dan 6 cara mengatasinya foto: freepik/grinvalds

Beberapa aplikasi harus berjalan di latar belakang untuk mendapatkan pengalaman menggunakan smartphone yang optimal. Misalnya, aplikasi VPN, media sosial, kalender, kesehatan, dan antivirus. Namun selain itu, beberapa aplikasi tetap berjalan ketika kamu tidak menutupnya.

Ketika berjalan di latar belakang, aplikasi ini menghabiskan banyak sumber daya, membuat baterai smartphone cepat habis. Hal ini dapat menjadi masalah besar jika kamu tidak mengaktifkan pengaturan pengoptimalan baterai smartphone.

Jadi, pertama-tama, kamu buka aplikasi Pengaturan, klik opsi Perawatan Baterai atau Perangkat, dan aktifkan opsi pengoptimalan baterai. Selanjutnya, kamu harus membiasakan menutup aplikasi yang tidak perlu berjalan di latar belakang ketika selesai menggunakannya. Hal ini akan menjaga baterai smartphone tidak cepat habis dan membantunya mengelola memori secara optimal.

(brl/red)