10 Tips sederhana menggunakan iPhone yang bisa bikin baterai lebih awet

10 Tips sederhana menggunakan iPhone yang bisa bikin baterai lebih awet

Techno.id - Kamu pengguna iPhone dan khawatir dengan daya tahan baterainya? Dengan melakukan sedikit perubahan dalam kebiasaan penggunaan, dapat memberikan efek luar biasa pada kesehatan baterai iPhone kamu lho.

Bahkan jika sering melakukan kebiasaan merawat baterai dengam baik, bukan tidak mungkin kamu dapat mempertahankan kesehatan baterai 99% meski setelah satu tahun menggunakan iPhone.

Ada satu kebiasaan yang banyak diyakini pengguna iPhone dapat membantu Kesehatan baterai. Cabut iPhone dari pengisi daya di pagi hari, dan mengisinya kembali sebelum tidur saat baterai benar-benar mati atau hampir habis.

10 Tips sederhana menggunakan iPhone yang bisa bikin baterai lebih awet foto: freepik/denisbarysau

Berikut tips yang dapat membantu kamu menjaga kesehatan baterai iPhone. Ini bukanlah cara yang sulit untuk dilakukan tetapi hanyalah perubahan kebiasaan yang pada akhirnya akan tertanam dalam diri kamu di kemudian hari.

Namun sebelum memulainya, satu hal yang perlu dicatat, tips ini dapat diterapkan dengan efektif jika kamu menggunakan kabel dan pengisi daya asli atau bersertifikasi MFi-Certified Lightning serta pengisi daya nirkabel bersertifikasi Qi.

Berikut 10 tips sederhana yang dapat membantu Kesehatan baterai iPhone kamu

10 Tips sederhana menggunakan iPhone yang bisa bikin baterai lebih awet foto: freepik/rawpixel.com

1. Kamu dapat memeriksa kesehatan baterai iPhone dengan membuka Pengaturan > Baterai > Kesehatan Baterai.

2. Kapan pun kamu menggunakan iPhone untuk menelepon, mengirim pesan teks, memeriksa media sosial, jangan cabut kabelnya kecuali jika kamu benar-benar harus menggunakannya.

3. Jika kamu tidak menggunakan iPhone dan kebetulan berada di dekat sumber listrik, baik kabel maupun nirkabel, isi daya ponsel.

4. Jangan khawatir tentang pengisian daya yang berlebihan. iPhone cukup pintar untuk berhenti mengisi daya baterai dan beralih ke daya AC selama dicolokkan.

5. Ketika kamu pergi ke suatu tempat dan memiliki pengisi daya di mobil, colokkan iPhone kamu selama perjalanan. Jika kamu tidak menggunakan iPhone selama perjalanan, jadi mengapa tidak menambah daya?

10 Tips sederhana menggunakan iPhone yang bisa bikin baterai lebih awet foto: freepik/nirat.pix

6. Cobalah dan pastikan bahwa baterai tidak terlalu sering turun di bawah angka 75%, bahkan jika itu terjadi, pertahankan angka 60% sebagai patokan untuk 'kritis'.

7. Jika kamu terpaksa menguras baterai hingga mencapai titik kritis, pastikan kamu mengisinya sesegera mungkin. Baterai yang sangat terkuras atau benar-benar habis hanya akan lebih cepat rusak.

8. Selalu bawa power bank juga untuk mengisi daya dalam keadaan darurat dan kamu jauh dari sumber listrik. Pilihlah power bank yang portabel agar bisa membantu kamu menjalani hari.

10 Tips sederhana menggunakan iPhone yang bisa bikin baterai lebih awet foto: freepik/rawpixel.com

9. Jika kamu menggunakan pengisi daya portabel, letakkan di tempat yang strategis. Selama berada dalam jangkauan tangan, kamu bisa tetap mengisi daya iPhone kapan pun tidak digunakan. Misalnya, jika kamu sedang bekerja di depan komputer, cukup isi daya iPhone tepat di sebelahnya.

10. Jangan mengisi daya iPhone dalam cuaca ekstrem. Sebab hanya akan merusak baterai ponsel. Jika terlalu dingin, masukkan ke dalam wadah atau saku saat mengisi daya untuk menjaganya tetap berada di zona suhu ruangan. Jika terlalu panas, simpan di tempat yang berventilasi baik.

(brl/red)