Daya baterai iPhone kamu tidak bisa terisi secara optimal? Begini 5 cara memperbaikinya

Daya baterai iPhone kamu tidak bisa terisi secara optimal? Begini 5 cara memperbaikinya

Techno.id - Beberapa pengguna mungkin pernah mengalami masalah baterai iPhone mereka tidak bisa terisi secara optimal atau penuh hingga 100%. Banyak yang beranggapan masalah ini terkait masa pakai baterai iPhone tidak sebagus yang merekla bayangkan.

Masalah seperti itu bisa muncul karena perangkat lunak atau juga disebabkan perangkat keras. Tak pelak, kondisi tersebut membuat pengguna tidak maksimal menggunakan perangkat mereka dalam sehari.

Artinya, mereka kerap khawatir baterai iPhone tiba-tiba drop sehingga harus sering mengisi daya. Nah jika kamu merasa baterai kamu baik-baik saja tetapi tidak bisa terisi daya secara optimal, berikut beberapa cara yang dapat kamu gunakan untuk memperbaikinya.

1. Perhatikan pengaturan kapasitas baterai dengan pengisian maksimal 80%

Daya baterai iPhone kamu tidak bisa terisi secara optimal? Begini 5 cara memperbaikinya foto: freepik/syafak

Jika iPhone tidak mengisi daya hingga 100%, kamu mungkin memperhatikan bahwa hal tersebut disebabkan pengaturan kapasitas baterai memang disetel pada ambang batas 80%. Apple memperkenalkan fitur "Pengisian Daya Baterai yang Dioptimalkan" sejak iOS 13. Fitur ini memiliki perangkat lunak yang mencegah atau menunda pengisian daya perangkat hingga 80% selama kamu tidak menggunakan perangkat.

Dengan Pengisian Daya Baterai yang Dioptimalkan, perangkat menggunakan pembelajaran mesin untuk mempelajari pola penggunaan harian dan rutinitas pengisian daya, sehingga membatasi pengisian daya hingga 80% sampai kamu menggunakannya.

Percaya atau tidak, selalu menggunakan ponsel pada 100% benar-benar membuat baterai lebih cepat habis. Level optimalnya adalah antara 30-80%, karena level ini memaksimalkan baterai, terutama Lithium-Ion, yang ada di dalam perangkat Apple seperti iPhone 15 atau iPhone 15 Pro.

Sebelum mencoba memperbaiki dan mengubahnya, pastikan kamu mengetahui pembaruan iOS terbaru dengan masuk ke pengaturan dan mengklik perbarui. Meskipun ini mungkin fitur yang mengganggu, namun Pengisian Daya Baterai yang Dioptimalkan seharusnya membantu kamu dalam jangka panjang. Fitur ini memperpanjang masa pakai baterai iPhone dan membantu mencegah kamu menghabiskan baterai terlalu cepat.

Selain itu, kamu mungkin menemukan baterai iPhone tidak terisi hingga 100% karena suhu baterai. Saat kamu mengisi daya iPhone secara berlebihan, kondisi tersebut dapat menghasilkan banyak panas, yang merusak kesehatan baterai. Panas yang dihasilkan perangkat saat mengisi daya pada dasarnya memberikan tekanan ekstra pada baterai, sehingga mengurangi masa pakainya. Sekali lagi, Pengisian Daya Baterai yang Dioptimalkan dan iOS dapat membatasi pengisian daya melebihi 80% jika suhu baterai melebihi batas yang disarankan Apple.

2. Ubah lokasi pengisian daya ke tempat yang lebih dingin

Daya baterai iPhone kamu tidak bisa terisi secara optimal? Begini 5 cara memperbaikinya foto: freepik/rmth

Seperti yang disebutkan sebelumnya, suhu baterai dapat memengaruhinya, sehingga iPhone kamu mungkin tidak dapat mengisi daya hingga 100% dan macet di sekitar ambang batas 80%. Untuk mengatasinya, kamu harus mencoba memindahkan iPhone ke lokasi yang lebih sejuk.

Hindari hal-hal seperti sinar matahari langsung, ruangan dengan ventilasi yang buruk, peralatan elektronik lain atau perangkat lain yang dapat menghasilkan panas. Jika lingkungan masih terlalu panas, kamu harus mencoba mendinginkannya dengan kipas angin atau AC sebelum mencoba mengisi daya.

Terkadang, pengisi daya nirkabel dapat membuat iPhone bekerja cukup panas, jadi pastikan untuk memeriksa suhu iPhone secara teratur saat mengisi daya.

3. Lepaskan casing ponsel untuk menghilangkan panas

Daya baterai iPhone kamu tidak bisa terisi secara optimal? Begini 5 cara memperbaikinya foto: freepik: andranik.h90

Meskipun casing sangat bagus untuk melindungi iPhone, namun dapat menahan panas dari perangkat saat sedang diisi daya atau digunakan. Kondisi ini menyebabkan iPhone tidak terisi daya hingga 100%. Jika kamu telah melakukan langkah-langkah sebelumnya untuk mematikan Pengisian Daya Baterai yang Dioptimalkan dan pindah ke lokasi yang lebih dingin, coba lepaskan casing. Dengan cara ini, panas yang dihasilkan dari perangkat dapat menghilang ke udara, sehingga mendinginkan baterai.

4. Tutup aplikasi yang menghabiskan baterai

Daya baterai iPhone kamu tidak bisa terisi secara optimal? Begini 5 cara memperbaikinya foto: freepik

Jika beberapa aplikasi intensif sumber daya berjalan di latar belakang, ini dapat menyebabkan ponsel menjadi panas. Aplikasi yang berjalan di latar belakang juga akan menguras baterai.

5. Gunakan pengisi daya original

Daya baterai iPhone kamu tidak bisa terisi secara optimal? Begini 5 cara memperbaikinya foto: freepik/rawpixel.com

Terkadang masalahnya bisa jadi karena kamu menggunakan i pengisi daya palsu atau tidak sah yang tidak memiliki sertifikasi Apple. Karena itu sebaiknya gunakan pengisi daya bawaan iPhone. Hal yang sama juga berlaku untuk kabel USB-C.

(brl/red)