6 Cara membuat presentasi PowerPoint yang lebih interaktif, tampilan jadi tidak membosankan

6 Cara membuat presentasi PowerPoint yang lebih interaktif, tampilan jadi tidak membosankan

Techno.id - Kita semua mungkin pernah melihat presentasi yang disajikan pembicara, namun membuat bosan karena presentasi PowerPoint yang disajikan biasa-biasa saja. Sebenarnya, pembicara bisa membuat kamu lebih terlibat dengan menambahkan beberapa fitur interaktif ke tayangan slide mereka.Berikut beberapa opsi yang bisa ditambahkanpada presentasi PowerPoint agar terlihat lebih interaktif dengan audiens.

1. Tambahkan kode QR

6 Cara membuat presentasi PowerPoint yang lebih interaktif, tampilan jadi tidak membosankan foto: forms.office.com

Menambahkan kode QR bisa sangat berguna jika kamu ingin mengarahkan audiens ke formulir online, situs web, atau video. Beberapa situs web memiliki cara bawaan untuk membuat kode QR.

Misalnya, di Formulir Microsoft, saat kamu mengklik Collect responses, kamu akan melihat opsi kode QR melalui ikon yang disorot pada tangkapan layar. Kamu dapat mengklik kanan kode QR untuk menyalin dan menempelkannya ke presentasi kamu, atau klik Unduh untuk menambahkannya ke galeri perangkat kamu untuk menyisipkan kode QR sebagai gambar.

Faktanya, kamu dapat dengan mudah menambahkan kode QR untuk membawa audiens ke situs web mana pun. Di Microsoft Edge, klik kanan di mana saja pada halaman web yang belum memiliki tautan, dan klik kiri Buat Kode QR Untuk Halaman Ini. Kamu kemudian dapat menyalin atau mengunduh kode QR untuk digunakan di mana pun kamu suka dalam presentasi.

2. Sematkan formulir Microsoft (khusus pendidikan atau bisnis)

6 Cara membuat presentasi PowerPoint yang lebih interaktif, tampilan jadi tidak membosankan foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Cara ini bisa kamu gunakan jika kamu berencana untuk mengirimkan presentasi PPT kepada orang lain. Misalnya, jika kamu seorang pelatih yang mengirimkan presentasi instruksi langkah demi langkah, guru yang mengirimkan tugas pembelajaran mandiri kepada siswa, atau juru kampanye untuk anggota dewan setempat yang mengirimkan PPT persuasif kepada konstituen, kamu mungkin ingin menyematkan kuis, kuesioner, polling, atau survei umpan balik dalam presentasi kamu.

1. Di PowerPoint, buka tab Sisipkan pada pita, dan di grup Formulir, klik Formulir.

2. Jika kamu tidak dapat melihat opsi ini, kamu dapat menambahkan tombol baru ke pita.

3. Kemudian, bilah sisi akan muncul di sisi kanan layar kamu, di mana kamu dapat memilih formulir yang telah kamu buat atau memilih untuk membuat formulir baru.

Sekarang, kamu dapat membagikan presentasi PPT dengan orang lain, yang dapat mengklik bidang dan mengirimkan tanggapan mereka saat mereka melihat presentasi.

3. Sematkan halaman web langsung

6 Cara membuat presentasi PowerPoint yang lebih interaktif, tampilan jadi tidak membosankan foto: tangkapan layar/techno.id/yani andriyansyah

Kamu dapat mengambil tangkapan layar halaman web dan menempelkannya ke dalam PPT, tetapi itu bukan tambahan yang sangat interaktif untuk presentasi. Sebagai gantinya, kamu dapat menyematkan halaman web langsung ke dalam PPT sehingga orang yang memiliki akses ke presentasi kamu dapat berinteraksi secara aktif dengan isinya.

Untuk melakukan ini, kamu perlu menambahkan add-in ke akun PPT. Untuk menyematkan halaman web, tambahkan add-in Penampil Web seperti add-in yang dibuat Microsoft.

Buka slide yang relevan dan buka add-in Penampil Web. Kemudian, salin dan tempel URL aman ke dalam kotak bidang, dan hapus https: //dari awal alamat. Saat kamu atau seseorang yang memiliki akses ke presentasi melihat tayangan slide, halaman web ini akan langsung dan interaktif.

(brl/red)